Film Animasi Cerita Rakyat Bali : Pan Meri

Film animasi ini merupakan sebuah cerita yang diadaptasi dari cerita rakyat bali yang legendaris “Pan Meri”. Cerita ini menceritakan kejujuran yang murni dari hati akan selalu mendapat tempat istimewa dan diberkati. Kemuliaan tidak selalu dapat diukur melalui kekayaan maupunkududukan, Kemuliaan yang utama itupun dapat dicapai melaluijalan yang sederhana. Diawali dengan seorang pengembala bebek yang miskin. Ia sekarang hanya memiliki satu ekor bebek dari sebelumnya banyak. Bebek satu satunya itu ia sangat sayangi walaupun bebeknya itu kotor , dekil dan buruk rupa. Begitu juga dengan bebek tersebut, bebek tersebut sangat setia kepada tuannya.

Pada suatu hari, bebek kesayangan Pan Meri menghilang. Ia sangat kebingungan. Hingga akhirnya muncul lah seorang yang berbadan hitam dan  besar menghampiri Pan Meri. Orang besar itu mengaku sebagai penghuni tempat dimana biasanya Pan Meri mengembala bebeknya. Orang besar itu akan membantu Pan Meri bebeknya. Satu per satu bebek montok dan bersih dikeluarkan oleh orang besar tersebut. Namun Pan Meri tetap mengatakan itu bukan bebeknya, karena bebek yang ia punya sangat kotor dan kurus. Hingga akhirnya orang besar itu mengakui bahwa ia sedang menguji kejujuran Pan Meri. Ia mengakui bahwa Pan Meri merupakan orang yang sangat jujur dan sebagai imbalannya Orang Besar tersebut memberikan anugrah bebek yang bersih dan montok yang bisa mengeluarkan telur emas.

Cerita ini merangkum beberapa pesan moral dalam ajaran hindu. Dimana diantaranya adalah: Vacika Parisuddha(Perkataan yang baik), Arjava(Jujur), Bhadram(Kemuliaan), Astainya(Tidak mengambil yang bukan miliknya), Lascarya(ketulusan hati),Arjawa(Jujur), Satya Wacana (Tidak bohong), Prayascitta(Kesucian hati) ,Karina(Cinta kasih semua mahluk), Santosa(Mensyukuri apa yang kita punya). Berikut ini beberapa screenshoot  adegan pada film animasi ini:

 

 

 

Adegan dimana Bebek Pan Meri sangat setia menemani Pan Meri

 

Adegan dimana Pan Meri bertemu Penunggu

 

Adegan dimana Pan Meri ditawari Bebek yang lebih montok dan bersih

 

Adegan dimana Bebek Pan Meri bertelur emas