SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS UDAYANA

Universitas Udayana merupakan universitas negeri pertama dan tertua di Bali, didirikan pada tanggal 29 September 1962, dengan dua kampus masing-masing berlokasi di pusat Kota Provinsi Bali, Denpasar, dan di pusat kawasan bisnis pariwisata internasional Indonesia di kawasan Bukit Jimbaran Bali. Kantor Pusat atau Rektorat Universitas Udayana berlokasi di Kampus Bukit Jimbaran.

Universitas Udayana memiliki 13 (tiga belas) fakultas, dengan total Program Studi sebanyak 112 yang terdiri dari 58 (lima puluh delapan) Program Studi (Diploma, S1 dan SP-1), 43 (empat puluh tiga) Program Studi Magister/Spesialis (S-2, dan SP-2) dan 11 (sebelas) Program Studi Doktor (S-3). Ditunjang dengan berbagai pusat pelayanan pendidikan, sarana dan prasarana akademik yang lengkap dan berkualitas. Universitas Udayana didukung dengan tata kelembagaan baru berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 30 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Udayana dan Statuta baru berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 34 Tahun 2017 Tentang Statuta Universitas Udayana. Universitas Udayana juga merupakan lembaga pendidikan tinggi dengan status Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 441/KMK.05/2011, yang memungkinkan Universitas Udayana berkembang dan menyelenggarakan layanan pendidikan tinggi dengan kualitas yang lebih baik, efektif, dan efisien.

Universitas Udayana berada di dalam salah satu pusat kawasan warisan budaya dunia, yang mengandung nilai peradaban yang sangat tinggi, yaitu kebudayaan Bali, dan pusat perdagangan jasa pariwisata internasional terkemuka, yaitu pusat perdagangan jasa pariwisata internasional Indonesia, yang memungkinkan Universitas Udayana menyajikan suatu kultur dan lingkungan pendidikan yang khas yang tidak disajikan oleh lembaga pendidikan tinggi lain di seluruh dunia. Universitas Udayana menempatkan kebudayaan sebagai paradigma keilmuan yang kemudian dijabarkan di dalam pendekatan keilmuan, fakultas, mata kuliah, dan kurikulum yang sangat khas, serta metode belajar-mengajar yang sangat unik yang memungkinkan Universitas Udayana menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berbudaya. Saat ini kurang lebih 28.353 (dua puluh delapan ribu tiga ratus lima puluh tiga) orang mahasiswa sedang belajar di Universitas Udayana, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sekitar 1500 (seribu lima ratus) orang mahasiswa asing per tahun dari berbagai kawasan dunia, seperti: Eropa, Amerika, Asia, dan Australia juga belajar di Universitas Udayana.

Di samping program pendidikan akademik, Universitas Udayana juga menawarkan berbagai program vokasi, short course, internship, dan pendidikan teknis lainnya. Universitas Udayana didukung 3.022 (tiga ribu dua puluh dua) orang tenaga pendidik dan kependidikan, dengan sebaran 1.474 (seribu empat ratus tujuh puluh empat) orang merupakan tenaga pendidik dan 1.548 (seribu lima ratus empat puluh delapan) orang tenaga kependidikan. Fasilitas kampus, tata kelembagaan, status kelembagaan sebagai BLU, dan sumber daya manusia yang tersedia memungkinkan Universitas Udayana mengembangkan diri menjadi salah satu Universitas terdepan di Indonesia, Asia, atau bahkan dunia. Lulusan Universitas Udayana kini mengisi berbagai alokasi profesi pada berbagai lembaga pemerintahan dan non-pemerintahan, sektor swasta, dan juga lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan di berbagai negara.

Kami berharap laman ini dapat memberikan gambaran umum kepada calon mahasiswa yang sedang mencari tempat belajar, dan sungguh merupakan suatu kehormatan bagi kami sekiranya mereka memilih Universitas Udayana sebagai tempat belajar. Universitas Udayana merupakan tempat yang tepat dalam membangun karakter diri, kompetensi dan integritas diri yang merupakan persyaratan mendasar dalam pengembangan profesi dan pengisian pasar kerja dalam tata kehidupan masyarakat global. Kepercayaan dan Martabat adalah identitas kami dan kehidupan umat manusia yang lebih baik adalah tujuan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga kami.  Mari bergabung bersama Universitas Udayana yang unggul, mandiri dan berbudaya.