Film Animasi Cerita Rakyat Bali : Ayam Hitam yang Cerdik

Film animasi ini merupakan sebuah cerita yang diadaptasi dari cerita rakyat bali yang legendaris “Siap”. Cerita ini menceritakan sebuah kasih sayang seorang ibu yang selalu melindungi anaknya walaupun bahaya maut mengancam. Diawali dengan seekor induk ayam bernama Ayam Hitam bersama anak anaknya pergi mencari makanan ke hutan. Karena langit sudah mulai turun hujan, mereka memutuskan untuk singgah ke rumah Meng Kuwuk untuk berteduh dan bermalam. Tapi sial, Meng Kuwuk ini terkenal sangat keji dan selalu lapar. Akan tetapi semuanya tertutupi karena Meng Kuwuk selalu berkata dan bersikap manis di depan orang. Meng Kuwuk setuju jika Ayam Hitam bermalam di tempatnya. Namun Meng Kuwuk memiliki rencana jahat di dalam pikirannya, ia berniat memangsa Ayam Hitam beserta anak anaknya ketika tengah malam.

Tengah malam Meng Kuwuk beraksi dengan anak anaknya. Mereka menyusun rencana untuk memangsa Ayam Hitam. Akan tetapi Ayam Hitam tidak sengaja mendengar percakapan mereka. Tanpa menunggu sesuatu, Ayam Hitam menyuruh anak anaknya terbang dan meloncati tembok rumah Meng Kuwuk. Akan tetapi, Si Bungsu, anak Ayam Hitam paling kecil belum tumbuh sayap karena masih muda. Dengan berat hati Ayam Hitam meninggalkan anak tercintanya, akan tetapi dengan suatu rencana agar Meng Kuwuk tidak memangsa Si Bungsu.

Meng Kuwuk sadar bahwa keluarga Ayam Hitam sudah pergi, namun ia menyadari masih ada Si Bungsu yang tinggal dan hendak memangsanya. Akan tetapi, si Bungsu berdalih sesuai dengan rencana ibunya yang diberi tahu padanya. Ia meminta Meng Kuwuk untuk menunggunya tumbuh besar supaya mendapat daging mangsa yang maksimal. Meng Kuwuk meyetujuinya.

Hari silih hari berganti. Si Bungsu sudah besar. Sayapnya sudah tumbuh. Pada suatu malam, Meng Kuwuk hendak memangsanya. Akan tetapi sesuai rencana ibu nya, tempat nya semula di gantikan dengan sebuah batu besar, karena pada kegelapan malam susah membedakan batu besar dengan Si Bungsu yang berwarna hitam. Pada malam itu juga si Bungsu pergi untuk kembali pulang dan Meng Kuwuk menelan batu hitam besar tipuan si Bungsu.

Cerita ini merangkum beberapa pesan moral dalam ajaran hindu. Dimana diantaranya adalah. Berikut ini beberapa screenshoot  adegan pada film animasi ini: Upeksa (Waspada), Praasaa (Berpikir jernih), Titiksa (Kesabaran Hati),Yajna (Pengorbanan),Visvaprema (Kasih sayang Universal),Maduravacana (berkata manis),Nirbhayata (Berani), Tindih(Setia pada teman),Gunabhiksana(Mampu mengatasi berbagai kesulitan). Berikut ini beberapa screenshoot  adegan pada film animasi ini:

Adegan dimana Ayam Hitam pergi berteduh di Rumah Meng Kuwuk

Adegan dimana Meng Kuwuk menyusun rencana jahat bersama anak anaknya

Adegan dimana Meng Kuwuk menerkan batu karena diperdaya Si Bungsu