FK UNUD SERAHKAN KAJIAN AKADEMIK 'SENAM JANGER' DAN LAUNCHING BUKU 'BUTIR YANG TERCECER WAKTU MEMBANGUN FK UNUD'

Denpasar - Rabu, (6/6/2018) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menggelar Penyerahan Sertifikat Kajian Akademik Senam Janger Perdiknas sekaligus Launching Buku "Butir Yang Tercecer Waktu Membangun FK Unud" karya Prof. Drs. Ida Bagus Adnyana Manuaba, HonFErgS.,FIPS, yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan dr. A.A.Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar. Rektor Unud didampingi Dekan FK menyerahkan langsung Sertifikat Kajian Akademik Senam Janger kepada Ketua Perdiknas. Dalam kesempatan tersebut juga diperagakan gerakan Senam Janger yang dibawakan oleh siswa SMK Teknas dan SMP Nasional Denpasar. Senam Janger dinyatakan layak diterapkan setelah melalui tahapan kajian berupa uji laboratorium dan uji lapangan oleh Fisiologi Olah Raga FK Unud

Ketua Perdiknas, Dr. A.A. Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH.,MH.MM menyampaikan bahwa Senam Janger merupakan salah satu inovasi kreasi kearifan lokal dan hal ini juga merupakan salah satu cara mengenalkan budaya dari sisi yang berbeda kepada generasi muda. Senam sendiri termasuk olah raga yang menyenangkan dengan memadukan musik dan gerak dalam hal ini musik janger. Dengan hasil kajian akademik yang sudah mendukung bahwa melalui olahraga senam ini mampu mencapai kebugaran jasmani rohani, untuk itu pihaknya akan membawa Senam Janger melengang ke tingkat Kementerian khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan berharap senam ini menjadi salah satu icon Bali.

Dekan FK Unud, Dr. dr. I Ketut Suyasa, SP.B., Sp.OT (K) menjelaskan proses kajian akademik senam ini dilakukan oleh Tim Layanan Publik Prodi Fisiologi Olahraga FK Unud. Pertama dilakukan uji laboratorium untuk mengevaluasi jenis gerakannya kemudian dilakukan uji lapangan terhadap beberapa peserta senam yang dijadikan sampel untuk memperagakan senam tersebut. Uji lapangan berfungsi untuk untuk mengukur tingkat kebugarannya. Dalam uji lapangan juga dilakukan penyempurnaan beberapa gerakan sesuai kajian layak terap dan layak manfaat.

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) memberikan apresiasi atas hasil kajian yang telah dihasilkan oleh Fakultas Kedokteran disaat Universitas mulai melakukan reformasi birokrasi. Rektor berharap Perdiknas dapat menindaklanjuti hasil kajian tersebut dan membuka peluang kerja sama lainnya.

‚Äč

Setelah acara penyerahan sertifikat dilanjutkan dengan launching Buku “Butir Yang Tercecer Waktu Membangun FK Unud" karya Prof. Drs. Ida Bagus Adnyana Manuaba. Buku tersebut berisi tentang pengalaman hidup Prof. IB Adnyana Manuaba dalam membangun Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (HM)