LPM PCYCO Fakultas Kedokteran Sukses Menyelenggarakan Pekan Jurnalistik Nasional 2017

22 Mahasiswa Peserta Pekan Jurnalisik Nasional 2017 yang Berasal Dari Sepuluh Perguruan Tinggi di Indonesia

Denpasar – LPM PCYCO Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melaksanakan kegiatan Pekan Jurnalistik Nasional 2017 pada hari Kamis-Sabtu, tanggal 7-9 September 2017.  Beberapa rangkaian acara Pekan Jurnalistik Nasional 2017 adalah Welcome Party, Pelatihan Jurnalistik, dan RAKORNAS serta Visit Tour yang diikuti oleh pewakilan fungsionaris LPM Kedokteran dari sepuluh perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu ada juga lomba mading 2D dan 3D yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA se-Bali. Berbagai rangkaian acara dalam kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Quest Jalan Mahendradatta No. 93, Denpasar, kecuali untuk lomba mading 2D dan 3D yang bertempat di Park 23 Mall, Kuta, Badung.

Pekan Jurnalistik Nasional merupakan program kerja dari BPN ISMKI (Badan Pers Nasional Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia) yang pada tahun ini Universitas Udayana menjadi tuan rumah. Sehingga adanya penggabungan beberapa rangkaian acara dalam satu kegiatan yang diselenggarakan oleh LPM PCYCO Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Adapun tema yang diambil adalah  “SMART (Sensitive, Multidimensional, Active, Realistic, Trusted) Journalist as a Motor Of Change”. Sebanyak 22 mahasiswa menjadi peserta dalam kegiatan ini yang berasal dari sepuluh perguruan tinggi di Indonesia. Diantaranya adalah UNAIR Surabaya, UNIZAR Mataram, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, UNSOED Purwokerto, Universitas Andalas Padang, Universitas Nusa Cendana Kupang, UNISULA Semarang, UII Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kamis, 7 September 2017 dilaksanakan Welcome Party untuk 22 mahasiswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Kemudian pada hari Jumat, 8 September 2017 dari pagi sampai sore diadakan pelatihan jurnalistik dan dilanjutkan dengan RAKORNAS sampai malam hari. RAKORNAS diisi dengan sharing setiap permasalahan yang ada di LPM kampus masing-masing yang kemudian didiskusikan untuk mencari solusi bersama. Untuk hari Sabtu, 9 September 2017 diadakan Visit Tour dan lomba mading. Lomba mading 2D dan 3D merupakan kegiatan tahunan LPM PCYCO Fakultas Kedokteran. Lomba mading 2D diperuntukkan bagi pelajar SMP se-Bali, sedangkan untuk lomba mading 3D diperuntukkan bagi pelajar SMA se-Bali. Sebanyak 130 pelajar menjadi perserta lomba mading 2D dan 3D, mereka terdiri dari 26 tim dengan satu tim berjumlah 5 orang. Adapun tema yang diambil adalah “Info Sehat Untuk Kesehatan Mental”.

Penilaian Juri Dalam Acara Lomba Mading 2D dan 3D yang Merupakan Salah Satu Rangkaian Acara Dalam Pekan Jurnalistik Nasional 2017

Khema Metta Wijaya selaku ketua panitia dalam kegiatan  ini berharap manfaat dan esensi diadakannya kegiatan ini bisa sampai kepada seluruh panitia dan peserta. “Acaranya berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai prediksi kita. Mungkin untuk tahun depan kegiatan seperti ini bisa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Bali. Agar jumlah pesertanya bertambah”, ungkapnya.

Fanya, pelajar dari SMP 1 Tabanan yang merupakan peserta lomba mading 2D mengungkapkan bahwa persiapan yang dijalani sangatlah singkat dan hanya mendapatkan simulasi dua kali. “Acara ini meriah dan banyak sekali yang ikut, saya senang bisa bersaing disini”, ungkapnya. (fai)