BKGN 2025: Kolaborasi Program Studi Kedokteran Gigi, RSGM Universitas Udayana, dan PT Unilever Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut
Jimbaran – Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melalui Program Studi Kedokteran Gigi kembali menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2025, bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Udayana (Rabu, 15 Oktober 2025).
Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Udayana, RSGM Universitas Udayana, dan PT Unilever Indonesia, dengan dukungan dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) serta Asosiasi Rumah Sakit Gigi. Pelaksanaan BKGN tahun ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan nasional yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut.
Mengusung tema “Cek Gigi dan Gusi, Bebas Biaya, Bebas Cemas, dan Bebas Ribet,” kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran, Koordinator Program Studi Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi, Kepala Departemen Gigi dan Mulut FK Unud, Direktur RSGM Unud, Direktur RS Universitas Udayana, perwakilan Dinas Kabupaten Badung, Ketua PDGI Cabang Badung atau yang mewakili, perwakilan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar, perwakilan PT Unilever Indonesia, serta tenaga kependidikan, mahasiswa sarjana, dan profesi Kedokteran Gigi Universitas Udayana.
Ketua Panitia, drg. Putu Mariati Kaman Dewi, Sp.KG., dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan BKGN 2025 di Universitas Udayana dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekaligus upaya promotif dan preventif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.
“BKGN tahun ini dirangkaikan dengan School Heart Program, pelayanan dan pemeriksaan gigi gratis seperti scaling, tambalan, cabut gigi sederhana, serta konsultasi gigi bagi masyarakat. Selain itu juga diadakan lomba dan hiburan yang dikemas secara menyenangkan dan edukatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur RSGM Unud, drg. Putu Ratna Kusumadewi Giri, Sp.KG., mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini terus meningkat setiap tahunnya.
“Tahun 2025 ini target pasien meningkat mejadi 750 peserta dan kami sudah hampir overload. Saya sangat bangga dengan panitia dan berharap civitas akademika Universitas Udayana dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.
Dari pihak mitra, Ade Zulfikar Abraham Iqbal, MBA, selaku Deputy Account Manager PT Unilever Indonesia untuk Wilayah Bali, menyampaikan apresiasi atas keberlanjutan kerja sama yang telah terjalin dengan Universitas Udayana sejak tahun 2020.
“Kami berterima kasih atas kesempatan bekerja sama kembali dengan Universitas Udayana dalam pelaksanaan BKGN. Tahun ini, fokus kami adalah pada kesehatan gusi karena penyakit gusi merupakan masalah gigi terbesar kedua di Indonesia setelah gigi berlubang, namun sering kali diabaikan,” jelasnya.
Kegiatan BKGN 2025 secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, MPH., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam penyelenggaraan kegiatan ini.
“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada mitra dan panitia yang telah menyukseskan kegiatan positif ini yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. BKGN bukan hanya kegiatan pelayanan, tetapi juga merupakan upaya kampanye kesehatan masyarakat yang masif dan edukatif. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan menjadikan RSGM Unud semakin dikenal oleh masyarakat,” tuturnya.
Prof. Ady juga menambahkan, Melalui pelaksanaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2025 ini, diharapkan Universitas Udayana dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, serta memperkuat peran universitas dalam kegiatan promotif dan preventif yang berdampak luas bagi masyarakat.