Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unud selenggarakan Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Keuangan Jurnal

Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Unud selenggarakan “Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Keuangan Jurnal” secara online via Webex Meeting, Jumat (19/2/2021). 

Sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dengan menghadirkan empat narasumber: (1) Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. I Gusti Bagus Wiksuana, SE. MS tentang Kebijakan Keuangan Unud untuk Jurnal (2) Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Universitas Udayana I Dewa Gede Oka, SE tentang Teknis Tata Kelola Keuangan Jurnal (3) Ketua SPI (Satuan Pengawas Internal) Universitas Udayana Dr. Drs. Dewa Gede Wirama, MSBA., Ak., CA dengan materi tentang Pengawasan dan Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Jurnal dan (4) Dr. Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE, MM, Direktur Badan Pengelola Usaha Unud dengan materi  tentang Unit Usaha Universitas Udayana.

Turut hadir dalam acara sosialisasi ini Ketua USDI dan  Ketua Lab Bahasa  serta 141 editor jurnal di lingkungan Universitas Udayana. Acara dimoderatori oleh Dr. Ni Ketut Arismayanti, SSP.Par, M.Par. 

Ketua Unit JUPI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST.,M.Sc.,Ph.D.,IPM menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama Unit JUPI di tahun 2021 sebagai amanah dari Rakor Unit JUPI pada Desember 2020, yang bertujuan untuk mengupas tuntas kebijakan dan tata Kelola keuangan jurnal di Unud. Disamping pendanaan dari unit yang mengelola jurnal Prodi/Fakultas/unit lainnya yang jumlahnya terbatas, salah satu sumber pendanaan lainnya yang bisa dilakukan adalah Article Proccessing Charge (APC) kepada author yang artikelnya diterima untuk dipublikasikan. Melalui sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengupas tuntas kebijakan dan tata kelola keuangan bila diberlakukannya model Article Proccessing Charge (APC) kepada author yang artikelnya diterima untuk dipublikasikan, sehingga tim pengelola jurnal mengetahui dan mampu menjalankan pengelolaan uang secara legal. Hal ini untuk mendukung terbangunnya sistem manajemen pengelolaan yang profesional sehingga Tim Pengelola mampu mengantarkan jurnal sesuai kriteria lembaga akreditasi jurnal nasional dan lembaga pengindeks internasional.

 

Sementara Wakil Rektor Prof. I Nyoman Gde Antara memberikan apresiasi kepada Tim JUPI yang telah mengawali program di awal tahun 2021 dengan acara yang sangat penting yakni terkait tata kelola keuangan. Universitas saat ini telah memberikan anggaran dan sarana prasarana yang memadai. Sesuai dengan yang telah dilaporkan bahwa 6 jurnal sudah mendaftar ke scopus dan jika semua mampu terindeks maka rangking akan naik secara drastis, disamping itu juga terdapat beberapa jurnal yang naik peringkat SINTAnya. Dalam hal tata kelola keuangan harus transparan dan akuntabel, kemungkinan banyak yang belum memahami dan dalam upaya mencegah kesalahan administrasi dan keraguan mengeksekusi POK maka peserta yang mengikuti sosialisasi diharapkan mengikuti kegiatan sampai tuntas, sehingga nantinya tidak ada lagi keraguan dalam menjalankan tugas. Terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi dalam hal tata kelola keuangan dan Narasumber yang hadir diharapkan dapat memberikan penjelasan berkaitan dengan masalah tata kelola keuangan. Dengan hal ini kedepan JUPI diharapkan dapat berkembang lebih baik lagi karena hal ini penting untuk menunjang kontrak kinerja Rektor dan mendukung peringkat Unud baik ditingkat nasional maupun internasional.