Universitas Udayana Bentuk Kantor Urusan Internasional (KUI)

Jimbaran - Universitas Udayana membentuk Kantor Urusan Internasional (KUI) menggantikan Center For Internasional Programs (CIP) dalam rangka penyelenggaraan fungsi kerja sama dan urusan internasional. Rektor Unud mengangkat Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng sebagai Koordinator Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana dan penyerahan Surat Keputusan (SK) digelar di Ruang Bahasa Gedung Rektorat, Rabu (30/10/2019). Acara penyerahan SK dihadiri Wakil Rektor, Kepala Biro, Direktur CIP dan jajaran.

KUI ini memiliki tugas memelihara dan mengembangkan kerja sama internasional dengan mitra asing dan lembaga internasional, mendukung berbagai konferensi dan kegiatan internasional yang digelar di Unud, melakukan promosi dalam rangka internasionalisasi, melaksanakan urusan administrasi mahasiswa asing, memberikan bantuan, saran praktis, serta informasi yang akan membantu mahasiswa asing mempersiapkan diri untuk tinggal d Bali dan memberikan bantuan dalam mengurus visa serta izin lainnya.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi menyampaikan kini struktur Center For International Programs diganti menjadi Kantor Urusan Internasional,  hal ini dilatar belakangi tuntutan akreditasi internasional dimana Program Studi (Prodi) wajib memiliki mahasiswa asing. Tugas KUI ini nantinya lebih ke bidang administrasi akademik pelaksanaan Tridharma bagi mahasiswa internasional. Sebelumnya program akademik dikelola CIP, kini untuk KUI lebih lebih diposisikan sebagai pengelola administrasi. 

Walaupun struktur telah berubah, diharapkan dapat melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan di CIP. Rektor berharap program yang sedang berjalan agar dilanjutkan hingga tuntas dan telah dibentuk pengelola untuk masa transisi. Rektor juga memberikan apresiasi kepada Direktur CIP Ni Putu Sri Harta Mimba, Ph.D yang telah mengembangkan CIP selama ini.

Koordinator KUI Unud Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng menyampaikan langkah awal yang akan dilakukan adalah identifikasi dan mengumpulkan data terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan serta menginventarisasi data yang ada. Kedepan akan mempersiapkan program yang akan dilaksanakan melalui koordinasi dengan Dekan dan Kooprodi terkait rencana internasionalisasi dan kegiatan internasional yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana. (HM)