Tim Prasi Unud Melaju Ke Final KMI Expo XVI Tahun 2025
Prestasi membanggakan Kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Udayana. Tim Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang beranggotakan dari Fakultas Hukum serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, yang dikenal dengan nama Tim Prasi, sukses melaju ke tahap final Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO XVI Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Kemdiktisaintek RI. Pencapaian ini menjadi momen bersejarah karena merupakan kali pertama tim Prasi berhasil menembus tahap akhir ajang bergengsi tersebut.
Tim PRASI mengembangkan produk suvenir khas Bali berbahan dasar lontar, yakni “Prasi” seni tradisional melukis di atas daun lontar yang merupakan warisan budaya Bali. Melalui inovasi dan sentuhan kreatif, tim ini menghadirkan beragam produk seperti lukisan prasi enam lontar, prasi sepuluh lontar, lukisan bingkai prasi, hingga gantungan kunci prasi. Setiap produk dibuat secara handmade dengan detail halus, serta dapat dikustomisasi sesuai permintaan pelanggan, baik dari segi gambar maupun tulisan.
Inovasi ini tidak hanya menjadi upaya pelestarian budaya lokal, tetapi juga menjadi bentuk universalisasi budaya Bali agar dapat diterima oleh masyarakat luas, termasuk wisatawan domestik dan mancanegara. Melalui pendekatan tersebut, Tim PRASI berkomitmen menjadikan lontar sebagai medium seni yang bernilai ekonomi tinggi dan berdaya saing global.
Tim PRASI beranggotakan Putu Darmika Susilawati (FH 2022) Sebagai Ketua Tim bertanggung jawab mengarahkan seluruh strategi bisnis Tim PRASI, memastikan visi dan misi usaha terlaksana, serta mengoordinasikan setiap divisi agar bekerja secara sinergis, I Putu Rama Yatranajaya (FH 2024) Sebagai Chief Operating Officer memastikan proses produksi suvenir lontar berjalan efisien, mengatur alur kerja antar-divisi, serta menjaga kualitas produk agar tetap konsisten dan memenuhi standar yang ditetapkan. Pengakan Nyoman Arta Wibawa (FH 2024) sebagai Chief Human & Risk Officer bertugas mengatur manajemen sumber daya manusia serta mengidentifikasi dan memitigasi risiko yang mungkin dihadapi usaha, I Wayan Devabhrata (FH 2024) sebagai Chief Marketing Officer berfokus pada strategi pemasaran dan branding produk. Ia merancang promosi kreatif, mengelola media sosial, serta memperluas jaringan penjualan., dan Ni Wayan Nia (FEB 2023) sebagai Chief Financial Officer bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan dan perencanaan anggaran. Mulai dari pencatatan transaksi, perhitungan biaya produksi, hingga laporan keuangan dan strategi keberlanjutan bisnis, dengan Bima Kumara Dwi Atmaja, S.H., M.H. sebagai dosen pembimbing. Tim ini akan tampil memamerkan sekaligus mempresentasikan produknya pada KMI EXPO XVI 2025 yang akan berlangsung pada 18–21 November 2025 di Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah.
Keberhasilan Tim PRASI dalam menembus tahap final ini merupakan hasil dari konsistensi, ketekunan, dan semangat kewirausahaan yang telah mereka bangun sejak tahun sebelumnya. Setelah berhasil mendapatkan pendanaan P2MW pada 2024, kini tim tersebut menunjukkan perkembangan bisnis yang signifikan dengan produk yang semakin inovatif dan berkelanjutan.
Lebih istimewa lagi, Tim PRASI menjadi satu-satunya perwakilan dari Universitas Udayana yang berhasil lolos ke tahap final tahun ini. Menjelang ajang puncak KMI EXPO XVI 2025, Tim PRASI tengah melakukan berbagai persiapan intensif bersama dosen pembimbing. Harapannya, mereka dapat memberikan hasil terbaik dan mengharumkan nama Universitas Udayana, dengan meraih KMI Award 2025 di Magelang.
