Indonesia International Education & Training Expo (IIETE) Akan Digelar Bulan November 2025

Jimbaran – Rektor Universitas Udayana, Prof. Ir. I Ketut Sudarsana,  S.T, Ph.D dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU menghadiri kegiatan Webinar Sosialisasi Indonesia International Education & Training Expo (IIETE) yang diselenggarakan secara daring pada, Kamis (26/6/2025).

Webinar ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian sosialisasi menuju pelaksanaan IIETE yang akan digelar di dua kota besar, yaitu Surabaya pada 20–22 November 2025 dan Jakarta pada 5–8 Februari 2026. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdiktisaintek RI) serta Forum Rektor Indonesia (FRI).

Acara diawali oleh sambutan ketua penyelenggara, Direktur Utama PT. Wahyu Promo Citra, Sukur Saka, yang dalam sambutannya mengatakan acara IIETE ini sudah berlangsung 34 kali dan terakhir dilaksanakan di Jakarta, dimana ada yang khusus pada acara berikutnya, yaitu akan ada kerja sama antar universitas satu dengan lainnya, jadi bukan hanya pameran seperti acara-acara sebelumnya.

IIETE sendiri merupakan pameran pendidikan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 1992, dan dikenal luas sebagai ajang penting dalam dunia pendidikan nasional. Tidak hanya menjadi sarana promosi pendidikan tinggi, IIETE juga telah mencatat sejarah penting, seperti peluncuran Program Wajib Belajar 9 Tahun oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995, serta menjadi tuan rumah Konferensi Forum Rektor Indonesia tahun 2017 yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pelaksanaan ke depan, IIETE diharapkan mampu mendorong terciptanya kerja sama University to University antara perguruan tinggi di Indonesia dengan institusi pendidikan tinggi luar negeri.

Ketua Forum Rektor, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dr. Martadi, M.Sn, dalam sambutannya berharap event ini dapat berjalan dengan baik dalam rangka berbagi pengalaman baik serta terjadi kerjasama antar perguruan tinggi, dan juga melakukan branding terkait differensiasi dan keunggulan agar lebih dikenal khalayak luas.