Ikut untuk Pertama Kalinya, Universitas Udayana Laksanakan Seleksi Internal Statistika Ria dan Festival Sains Data 2024

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana (Unud), Prof. Ketut Sudarsana, berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Seleksi Internal Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) Tahun 2024 pada Kamis (25/4/2024).

Kegiatan ini merupakan kompetisi pada bidang Sains dan Data yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bekerjasama dengan Universitas Telkom dan diikuti untuk pertama kalinya oleh Universitas Udayana.

Kendati demikian Prof. Ketut Sudarsana berharap para peserta yang lulus seleksi dapat mengukir prestasi dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mengikuti kompetisi ini. Kegiatan Seleksi Internal Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) Tahun 2024 Universitas Udayana ini sangat penting dalam mengoptimalkan peserta yang nantinya akan mengikuti kompeisi di tingkat nasional.

Dengan berpartisipasi dalam kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk melakukan kerja sama, kolaborasi, pembagian tugas, serta komunikasi yang akan memberi bekal softskill untuk kemajuan mahasiswa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara di masa yang akan datang. 

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana Seleksi, I Putu Tedy Indrayana, S.Pd., M.Sc., rangkaian kegiatan seleksi internal ini sudah dimulai sejak 15 Maret 2024. Adapun tema yang diusung pada tahun ini adalah Sinergi Statistika dan Talenta Sains: Membangun Kolaborasi Berprestasi dalam Sains Data. Kegiatan ini berbentuk kompetisi yang mengukur kemampuan mahasiswa dalam bidang Statistika, Sains Data, serta penerapannya.

Tidak hanya kemampuan hardskill dalam bidang statistika dan sains data yang akan dikompetisikan, namun juga kemampuan softskill seperti komunikasi, visualisasi, kerjasama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks. Ada 4 (empat) jenis lomba yaitu: 1. National Statistics Competition (NSC) 2. Statistics Essay Competition (SEC) 3. Statistics Infographic Competition (SIC) 4. Big Data Challenge (BDC).