Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Penelitian dan Pengabdian, LPPM Unud Gelar FGD Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi VIII 2022

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana Edisi VIII Tahun 2022, bertempat di Sthala, Tribute Portfolio Hotel, Ubud, Bali, Jumat (21/10/2022). Kegiatan FGD ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Ketua LPPM ISI Denpasar, Ketua LPPM Universitas Warmadewa, Perwakilan Bappeda Pemprov Bali, Para Dekan, Wakil Direktur I Pascasarjana, Para Koorprodi dan Para UP2M di Lingkungan Unud. FGD dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP. 

Dalam sambutan dan arahannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP., menyampaikan pentingnya FGD ini untuk mendapatkan berbagai masukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di internal Unud, agar pelaksanaannya lebih efektif dan efisien termasuk pelaksanaan monitoring dan evaluasinya. Harapannya agar FGD menghasilkan panduan yang terbaik sehingga dapat menjadi acuan bersama dalam tata kelola penelitian dan pengabdian di Unud.

Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi., dalam laporannya menyampaikan ada beberapa perubahan pada Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang baru, termasuk penggunaan Turnitin pada pengajuan proposal, SINTA Score dalam persyaratan pengajuan Proposal Hibah Penelitian dan salah satu poin penilaian, menggabungkan beberapa hibah baru di tahun 2022, dan memunculkan hibah penugasan dalam mensiasati semua dosen Unud melakukan penelitian. Ketua LPPM juga sangat mengapresiasi Tim Panduan yang sudah berhasil menyelesaikan Draft Revisi Panduan tepat waktu.

FGD menhadirkan narasumber  Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr., Direktur Riset, Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat, DRTPM Kemendikbud Ristek, menyampaikan materi tentang “Transformasi Proses Bisnis dan Tata Kelola Program dan Kinerja DRTPM”, narasumber kedua, Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, MP, Ph.D., Ketua Tim Penyusun Panduan, menyampaikan materi: “Draft Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana Edisi VIII Tahun 2022”. Selaku moderator Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM. (Sekretaris LPPM Unud) dan Dr.Eng. I Made Gatot Karohika, ST, MT. (Anggota Tim Panduan).