LP3M Universitas Udayana Gelar Sosialisasi dan Implementasi Pengisian Data UIGM World University Rankings 2021

LP3M Universitas Udayana mengadakan Sosialisasi dan Implementasi Pengisian Data UI Green Metric (UIGM) World University Rankings 2021 yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Cisco Webex, Jumat (10/10/2021). Hadir dalam acara sosialisasi ini para Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Kepala USDI, Koordinator INBIS, dan Unit Pengembangan Kewirausahaan. 

Kegiatan sosialisasi ini di sambut baik oleh Rektor Universitas Udayana yang dalam kesempatan ini di wakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P.,  yang dalam sambutannya menyampaikan acara sosialisasi ini merupakan temu awal para pimpinan unit yang akan melakukan pemetaan terhadap berbagai kegiatan di lingkungan Universitas Udayana yang sudah sesuai dengan UI GreenMetric. Universitas Udayana memiliki komitmen untuk mewujudkan Green Campus walaupun masih ada beberapa hal yang belum sempurna, akan tetapi sudah memiliki strategi untuk memenuhi berbagai kekurangannya. 

Sekretaris LP3M Dr. I Nyoman Budiarsa,MT.,Ph.D sebagai pemateri dalam sosialisasi ini menyampaikan UI GreenMetric World University Rankings adalah pemeringkatan universitas tingkat dunia yang di gagas oleh UI pada tahun 2010, dimana melalui pendataan, survey online dan pemeringkatan dilakukan untuk mengukur campus sustainability efforts. Maksud dan tujuan dari pemeringkatan ini adalah sebagai penilaian terhadap kondisi Green Campus saat ini, yang meliputi penggunaan listrik, energi, air, dan transportasi. 

UIGM WUR mengukur upaya universitas untuk menjaga lingkungan tetap hijau dan berkelanjutan. Data dikumpulkan melalui beberapa informasi dari WEB, selain itu juga dilakukan survey online yang diisi oleh pimpinan universitas sebagai sumber informasi. Sampai tahun 2020, 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam UIGM ini.