Wakil Rektor IV Unud hadir Sebagai Narasumber dalam Acara Pengumuman TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021

Kementerian PANRB menggelar Pengumuman TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan  Publik (KIPP) Tahun 2021 yang berlangsung secara daring dan live streaming pada youtube Kementerian PANRB dan UG TV, Kamis (29/7/2021). Acara diawali dengan Talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Unud Prof. IB Wyasa Putra menjadi salah satu narasumber dalam Talkshow dimaksud. Narasumber lainnya yakni Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Ketua TIRBN Prof. J.B Kristiadi, Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.,MM, Jurnalis Senior Nurjaman Mochtar dan selaku Host Prof. Dr. Budi Hermana dan Dr. Matrissya Hermita.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB sekaligus selaku Ketua Sekretariat KIPP 2021 Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA menyampaikan bahwa inovasi pelayanan merupakan salah satu strategi dalam rangka perbaikan pelayanan publik nasional. Pada tahun 2013 Kementerian PANRB meluncurkan gerakan satu instansi satu inovasi atau yang lebih dikenal dengan one agency one innovation. Program ini mewajibkan setiap instansi minimal menghasilkan satu inovasi setiap tahunnya. Diharapkan program ini mampu untuk mewujudkan budaya inovasi dalam kerangka reformasi birokrasi. Kemudian diterbitkan PermenPANRB tentang inovasi pelayanan publik, berlandaskan peraturan inilah dilaksanakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) sejak tahun 2014 hingga saat ini. Tujuannya adalah untuk menjaring, mendokumentasikan dan mendiseminasikan inovasi pelayanan publik. Disamping itu KIPP juga menjadi sarana pertukaran dan pembelajaran dalam rangka mengembangkan JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik). KIPP juga bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan pada para penyelenggara pelayanan publik sehingga dapat memotivasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sepanjang pelaksanaan KIPP, inovasi-inovasi pelayanan publik berbasis digital sudah mewarnai jajaran top inovasi yang terpilih. Ini merupakan bukti bahwa sektor publik kita terus berbenah dan mengikuti perkembangan terkini temasuk dalam penggunaan teknologi informasi dalam pemberian layanan bagi masyarakat. Inovasi diharapkan muncul dalam memberikan solusi terhadap permasalahan dalam bidang pelayanan publik.

Wakil Rektor IV Unud Prof. IB Wyasa Putra yang juga selaku Ketua Tim Evaluasi KIPP 2021 dalam kesempatan tersebut menyampaikan kompetisi ini sangat mengagumkan dalam arti keterlibatan peserta dari unsur kelembagaan, kementerian dan pemerintah daerah dimana terdapat ribuan proposal yang harus diseleksi, sebagian besar merupakan proposal inovasi dari kinerja peserta. Hal ini sebagai cermin komitmen seluruh peserta untuk mengawal pelayanan publik ini, bagaimana mendekatkan pemerintahan negara ditengah masyarakat melalui pelayanan publik dalam pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Inovasi yang dihasilkan memusatkan pada kebutuhan yang berkembang sesuai konteks kehidupan masyarakat. KIPP ini media yang luar biasa yang digunakan sebagai ajang percepatan dan perluasan kualitas layanan publik. Mereka yang lolos ke predikat top ini adalah peserta yang inovasinya luar biasa dan dampaknya riil serta luar biasa. Bagian penting dari inovasi adalah bagaimana keberlanjutannya, komitmen untuk memelihara dan meningkatkan kualitasnya serta perluasan jangkauannya.

Penyelenggaraan KIPP tahun 2021 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini mengangkat tema "Percepatan Inovasi Pelayanan Publik Untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Transfer Pengetahuan di Tatanan Normal Baru". Inovasi yang didaftarkan bukan khusus dalam penanganan Covid-19, namun inovasi yang sudah dilaksanakan dengan baik dan berkelanjutan dan wajib memuat penyesuaian layanan tersebut di saat pandemi ini.

Menteri PANRB dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pemerintah telah mengalami peningkatan namun belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu dalam pencapaian visi reformasi birokrasi diperlukan percepatan dan upaya luar biasa agar menciptakan perubahan kepada tradisi, pola dan cara baru. Untuk menciptakan perubahan tersebut Kementerian terus mendorong agar birokrasi pelayanan publik untuk terus berinovasi dan sejak tahun 2014 telah menggelar kegiatan yang bertajuk kompetisi pelayanan publik sebagai upaya agar birokrasi mau melakukan inovasi sekecil apapun. KIPP bertujuan untuk membiasakan budaya inovasi dikalangan birokrasi. Menteri telah berpesan agar penilaian dilakukan secara obyektif dan akuntabel serta memberikan apresiasi kepada Tim penilai. Berdasarkan laporan dari panitia, pimpinan instansi hadir langsung menyampaikan presentasi inovasi yang menunjukkan komitmen yang kuat dan menjadi kunci upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui inovasi. Menteri juga mengucapkan selamat kepada instansi yang terpilih menjadi TOP Terpuji Inovasi Layanan Publik tahun 2021. Kedepan diharapkan kompetisi inovasi agar dimodifikasi sesuai perkembangan dan tantangan yang ada dalam era adaptasi kebiasaan baru dengan menggunakan platform digital.

Berdasarkan tahapan penilaian yang sudah dilakukan diputuskan dalam rapat pleno TOP Pelayanan Inovasi Publik Terpuji yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri PANRB yang terdiri dari TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, TOP 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021. TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik terbagi dalam klaster Kementerian, klaster Lembaga Pemerintahan, klaster BUMN, klaster Provinsi, klaster Kabupaten, dan klaster Kota.

Poskesdes dan Jaminan Kesehatan Desa: Wujud Universal Health Coverage (UHC) yang Membumi di Desa yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Buleleng  menjadi TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 Klaster Kabupaten dan Nayaka Prana (Pelayanan Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak) yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kota Denpasar menjadi TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 Klaster Kota.