Program Pascasarjana Universitas Udayana Selenggarakan Kuliah Perdana 2021/2022

Program Pascasarjana memulai perkuliahan, diawali dengan kuliah perdana yang  berlangsung secara daring melalui Sisco Webex, Senin, (1/2/2021). Kuliah perdana ini dihadiri oleh  Ketua Senat, Wakil Rektor Bidang Akademik, Para Dekan, Para Kepala Biro, Ketua Lembaga, Ketua SPI, Wakil Direktur I dan II Pascasarjana, serta para koordinator program studi Program Profesi, PPDS, Magister dan Doktor.

Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes dalam laporanya menyampaikan kuliah perdana ini merupakan kegiatan di tingkat Universitas yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun bagi seluruh mahasiswa baru Program Profesi, Magister dan Doktor dan Program Pascasarjana sebagai penyelenggaranya. Kuliah perdana ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang visi misi serta tujuan Universitas Udayana, memahami proses pembelajaran pada jenjang Profesi, Magister maupun Doktor, memahami suasana akademik serta sarana pendukung utama penunjang pembelajaran seperti Unit Sumber daya Informasi (USDI), serta jurnal dan publikasi ilmiah yang disediakan perpustakaan Unud. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan para pimpinan Unud kepada mahasiswa baru.

Total mahasiswa yang mengikuti kuliah perdana ini berjumlah  263 orang mahasiswa baru yang terdiri dari 50 mahasiswa Program Profesi dari 3 Program Profesi, 122 mahasiswa pada Program Profesi Dokter Spesialis yang tersebar pada 19 Program, 90 mahasiswa Program Studi Magister dari 9 Program Studi, dan 1 mahasiswa Program Studi Doktor dari Prodi Doktor Ilmu Peternakan.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya menyampaikan Kuliah Perdana merupakan bagian awal dari proses pendidikan, khususnya bagi mahasiswa jenjang Pascasarjana. Dengan mengikuti Kuliah Perdana ini maka mahasiswa telah menjadi bagian dari pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan yang menjadi standar pengelolaan perguruan tinggi dalam rangka menuju pendidikan yang inovatif, kreatif dan bermutu tinggi,. 

Hal penting yang ditekankan Rektor Unud sebagai acuan dalam standar Universitas Udayana adalah Lulus Tepat Waktu, Indeks Prestasi Kumulatif dan menghasilkan Publikasi. Ini penting karena pendidikan Magister, Doktor, Profesi dan Spesialis telah ditetapkan waktu studi standar yang harus dijadikan landasan dalam proses pendidikan, evaluasi dan penetapan kelulusan mahasiswa. Produk inovasi juga merupakan salah satu arahan Presiden RI kepada civitas akademika untuk dapat dijadikan luaran dari proses pembelajaran di perguruan tinggi, sehingga mampu memberikan manfaat bagi kesejahteran masyarakat. Oleh karena itu hendaknya telah dipersiapkan rencana penelitian yang inovatif, dapat dilaksanakan dalam masa studi dan dapat diterapkan bagi masyarakat atau setidaknya sesuai dengan tingkat kesiapterapan teknologi jenjang TKT 4 sampai 6 atau bahkan dapat mencapai jenjang TKT 7 sampai 9 sehingga dapat dilanjutkan menjadi inovasi. Unud memiliki Visi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan berbudaya. Visi inilah yang menjadi landasan dan arah kita bersama dan diturunkan dalam misi sebagai upaya baik dan bermutu dalam melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi.

Dalam kuliah perdana ini juga diberikan beberapa materi yang disampaikan oleh Ketua Senat Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, Ketua Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Dr. Nyoman Putra Sastra, ST.,MT, dan Ketua Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST.,M.Sc.,Ph.D.