FIB Unud Siap Siaga UTBK 2019

Universitas Udayana menyelenggarakan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019 gelombang petama, Sabtu (13/04/2019). Salah satu tempat pelaksanaannya adalah di Laboraturium Komputer Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Denpasar. Sebanyak 50 kursi telah disediakan untuk peserta yang akan mengikuti UTBK di Fakultas Ilmu Budaya.

Pelaksanaan UTBK ini merupakan syarat wajib untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Peserta UTBK adalah siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019. Semua prosedur pelaksanaan UTBK berpedoman pada standar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LMPT sendiri merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Ni Luh Sutjianti Beratha, M.A mengatakan pelaksanaan UTBK di FIB dibantu oleh panitia-panitia yang bekerja sesuai dengan Petunjuk Operasional Baku (POB) dan selalu bersiaga di lokasi kegiatan. “Masing-masing ruangan diberikan satu petugas IT dan dua pengawas. Termasuk satu orang petugas PLN yang berisaga agar listrik tidak padam,” ujarnya.

Demi kelancaran dan kenyamanan, pelaksanaan UTBK di Fakultas Ilmu Budaya meyiapkan empat komputer cadangan untuk siaga apabila ada komputer yang rusak. Selain itu, di lokasi kegiatan juga diberikan petunjuk jalan menuju ruangan UTBK serta panitia yang bersiaga di beberapa titik sehingga memudahkan peserta untuk mendapatkan informasi.

Kesiapsiagaan panitia UTBK di FIB memberikan pengaruh ke peserta. Evania Adristi, peserta asal SMA N 1 Kuta mengatakan tidak ada kendala pada sistem, terutama pada komputer sehingga bisa menyelesaikan tes dengan baik. “Selama mengerjakan tes, komputernya tidak macet. Ruangannya juga bagus dan nyaman,” ungkap siswa yang akrab disapa Eva.

UTBK Tahun 2019 akan diadakan sebanyak 10 kali setiap sabtu dan minggu. Disetiap harinya terdapat dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang (kecuali hari libur nasional). Diharapkan pelaksanaan UTBK kedepannya semakin baik. Selain itu, pelaksanaan dan hasil UTBK kali ini dapat sesuai dengan harapan semua pihak termasuk Universitas Udayana, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN), dan peserta UTBK Tahun 2019. (yun)