UPAYA JAGA LINGKUNGAN LAUT, BEM-PM DAN HIMASILA UNIVERSITAS UDAYANA BEKERJASAMA SELENGGARAKAN RANGKAIAN KEGIATAN BERTAJUK TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG 2017

Foto Pembukaan Kegiatan Coral Workshop Di Gedung Peace And Democracy

 

Denpasar – Minggu (08/10), Dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem laut, Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa (BEM-PM) Universitas Udayana dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMASILA) Universitas Udayana bersinergi menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang bertajuk Transplantasi Terumbu Karang 2017. Acara Transplantasi Terumbu Karang 2017 ini terdiri dari dua rangkaian kegiatan utama yaitu Coral Workshop yang dilaksanakan pada hari sabtu, 7 oktober 2017 dan kegiatan Transplantasi Terumbu Karang di Pantai Melasti yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 8 oktober 2017.

Menurut Mila Adriani yang berperan selaku Menteri Kementerian Sosial dan Lingkungan Hidup BEM-PM dan selaku koordinator acara menjelaskan bila kegiatan ini bertujuan sebagai usaha pelestarian terumbu karang di kawasan pantai yang ekosistem terumbu karangnya sedikit atau rusak. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan sebagai langkah usaha untuk meberikan informasi dalam menjaga kestabilan ekosistem laut. Kedua tujuan tersebut menurut Mila merujuk kepada fungsi terumbu karang yang dapat mencegah terjadinya abrasi. Nantinya setelah pelaksanaan kegiatan ini, lokasi transplantasi terumbu karang (Pantai Melasti) juga dapat dijadikan lokasi bawah laut baru di pantai melasti.

Dalam rangkaian kegiatan hari pertama, kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan Coral Workshop yang dilaksanakan di gedung Institute Peace and Democracy Bukit Jimbaran Universitas Udayana. Kegiatan yang dilaksnakan mulai pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA ini mengundang dua pembicara yang memiliki konsentrasi dalam bidang pelestarian terumbu karang laut. Kedua pembicara tersebut adalah Tri Bagus Pamungka,S.Pi (Manager CV. Cahaya Baru) dan Dr. Sc. Widiastuti,S.Kel.,M.Si (Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan). Dalam pelaksanaan yang dihadiri sekitar 60 peserta, kedua pembicara ini memberikan informasi yang menarik mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut.

Foto Pelaksanaan Kegiatan Transplantasi Karang Di Pantai Melasti

 

Pada hari kedua, acara ini diisi dengan kegiatan transplantasi terumbu karang di Pantai Melasti. Kegiatan pada hari kedua ini mengajak seluruh peserta untu bersama-sama melakukan praktek lapangan mengenai langkah melakukan transplantasi karang yang tepat. Dimulai pada pukul 15.00 WITA, kegiatan yang diikuti sekitar 30 peserta ini mulai melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang. Seluruh peserta secara bergantian diberikan kesempatan mencoba untuk belajar secara langsung melakukan transplantasi terumbu karang yang benar.                    

Dalam akhir sesi wawancara, Mila berharap semoga kegiatan semacam ini di Universitas Udayana tidak akan berhenti ditahun ini saja namun kedua lembaga mahasiswa ini dapat terus bersinergi melaksanakan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang. Selain itu, Mila juga berharap terumbu karang hasil transplantasi dapat tumbuh dengan baik dengan monitoring yang akan dilaksanakan satu bulan sekali oleh BEM-PM dan HIMASILA nantinya. (pratama)