FPMHD UNUD Menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik 2017

Penilaian dan Diskusi Terhadap Berita yang Dibuat Oleh Peserta Dalam Kegiatan Pelatihan Jurnalistik FPMHD UNUD 2017

Denpasar – Minggu, 19 Maret 2017 FPMHD UNUD mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan yang merupakan program kerja tahunan ini mengambil tema “Tulisanku Duniaku”. Pelatihan Jurnalistik 2017 dilaksanakan di ruang Bhineka Lt.3 Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta tentang bagaimana cara menulis berita yang baik. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang desain layout dalam berita.

Pelatihan jurnalistik ini berlangsung dari pukul 09.00 WITA sampai dengan pukul 15.00 WITA. Ada dua materi dalam pelatihan ini yaitu tentang berita dan desain layout. Materi tentang berita dibawakan oleh I Komang Agus Widiantara, S.Sos.H. dari majalah prada dengan waktu 60 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan praktek langsung menulis berita beserta diskusi selama 60 menit. Materi tentang desain layout dibawakan oleh Putu Aditya Saputra, ST. dari tribun Bali. Penyampaian materi desain layout selama 45 menit kemudian ditambah dengan diskusi 30 menit.

Ada perbedaan pelatihan jurnalistik pada tahun ini dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu peserta kegiatan ini ditujukan hanya kepada pengurus aktif FPMHD UNUD. Sedangkan pada tahun ini cakupannya lebih luas yaitu para mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana. Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 40 orang. Kemudian jumlah panitianya 17 orang dengan waktu persiapan selama kurang lebih satu bulan.

Salah satu peserta bernama Ni Luh Indah Wahyuni mahasiswi dari fakultas ilmu budaya mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Karena memberikan pengetahuan bagaimana cara menulis berita yang baik beserta tips dan triknya. “Pemateri dalam kegiatan ini bagus sekali karena merupakan orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Untuk tahun depan saya berharap publikasinya diperluas lagi dan pesertanya menjadi lebih banyak serta kalau bisa untuk umum, tidak hanya khusus mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana saja”, ungkapnya.

Wisnu Pramana Putra selaku ketua panitia dalam kegiatan ini merasa senang karena antusiasme dari para peserta yang besar. “Saya berharap untuk kedepannya para peserta bisa membuat berita yang baik. Para peserta juga bisa membuat tulisan yang nantinya diterbitkan pada majalah saraswati FPMHD UNUD. Untuk kegiatan pelatihan jurnalistik tahun depan semoga bisa menjadi lebih baik”, tuturnya. (fai)