Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Selenggarakan Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan Periode April 2023

Dalam menstandarkan kompetensi lulusan dokter hewan Fakultas Kedokteran Kewan Universitas Udayana dengan lulusan dokter hewan dari universitas lainnya di Indonesia, mahasiswa PPDH Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan (UKMPPDH). UKMPPDH dilaksanakan secara serentak pada hari Sabtu tanggal 8 april 2023 di 5 perguruan tinggi yang menyelenggarakan program profesi dokter hewan di Indonesia yaitu di Program studi Program profesi dokter hewan Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang, Program Studi Program Profesi dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hassanudin Makasar, Program Studi Program Profesi dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Program Studi Program Profesi dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor dan Program Studi Program Profesi dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

 

Di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana ujian diikuti oleh 48 mahasiswa dan dibagi menjadi dua sesi. Ujian sesi pertama Diikuti oleh 24 orang mahasiswa da dimulai dari Pukul 10:00 Wita hingga Pukul 10:40 wita. Sebelum ujian dimulai mahasiswa harus masuk ruang karantina pada pukul 09:00 wita. Pada Sesi Kedua Ujian diikuti oleh 24 orang mahasiswa dan dimulai dari pukul 14:00 Wita hingga pukul 15:40 wita. Sebelum ujian dimulai mahasiswa memasuki ruang karantina pada pukul 13:00 Wita. Sebelum ujian sesi pertama dimulai Wakil Dekan Bidang Akademik FKH Universitas Udayana Dr.drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si memberikan arahan kepada para peserta agar mengerjakan soal dengan baik dan tenang, sehingga mendapatkan hasil yang baik. “Saya berharap agar semua peserta UKMPPDH periode ini bisa semuanya lulus dengan nilai yang baik.” Harap dosen yang mengajar ilmu bedah veteriner tersebut. 

 

 

UKMPPDH di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dilaksanakan oleh Panitia lokal di bawah koordinasi Koprodi PPDH Prof. Dr.drh. I Made Dwinata, M.Kes. Seperti UKMPPDH Sebelumnya, UKMPPDH saat ini juga diawasi oleh seorang penyelia Pusat yaitu drh. Magfira Satya Apada, M.Sc. yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hassanudin. Penyelia pusat bertugas menyelia persiapan, breefing maupun jalannya pelaksanaan UKMPPDH. Dalam kesempatan itu penyelia pusat juga memberikan arahan yang senada dengan arahan Wakil dekan bidang akademik dan perencanaan FKH Universitas Udayana, yaitu berharap agar para peserta bisa lulus dengan nilai yang baik. “ para peserta harus bekerja dengan tenang agar bisa berkonsetrasi dengan baik“; Imbuh dosen Mikrobiologi veteriner Universitas Hassanudin tersebut. Selain itu menurut pihak peserta UKMPPDH menyapaikan bahwa UKMPPDH berjalan lancar tanpa kendala teknis. Namun mereka juga mengharapakn agar sebelum dilaksanakan UKMPPDH sebaiknya diadakan Try out. “kedepan perlu ujian try out sebelum UKMPPDH, agar kitab isa mengukur kemampuan dan melakukan evaluasi diri sebelum ujian yang sesungguhnya.” ujar Mardawa Baskara Dwaja mahasiswa PPDH.