FH UNUD Sebagai Tuan Rumah Pertemuan BKS Dekan FH PTN Wilayah Indonesia Timur Tahun 2023

Penulis: Tim UPIKS FH UNUD Editor: Md Suksma PDS

Denpasar, FLUNUD.ac.id – FH UNUD sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan pertemuan Badan Kerja Sama (BKS) Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri 

(FH PTN) yang termasuk ke dalam wilayah Indonesia Timur pada 8 - 10 Maret 2023 bertempat di Hotel Prama Sanur Bali. Adapun peserta yang menghadiri kegiatan sejumlah 16 Universitas diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Cenderawasih, Universitas Hasanuddin, Universitas Jember, Universitas Khairun Ternate, Universitas Brawijaya, Universitas Musamus, Universitas Nusa Cendana, Universitas Pattimura, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Tadulako, Universitas Sebelas November Kolaka, Universitas Negeri Gorontalo, UPN Veteran Jawa Timur, dan UNUD. 

Acara BKS dibuka secara langsung oleh Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia, Dekan FH UI (Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LLM), pemberian sambutan oleh Dekan FH UNUD sekaligus selaku Ketua BKS Dekan FH PTN Wilayah Timur (Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H., M.Hum.). Turut hadir Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, Koprodi Sarjana (S1) Ilmu Hukum, Koprodi Magister (S2) Kenotariatan, Koprodi Doktor (S3) Ilmu Hukum, Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama FH UNUD.

Pertemuan BKS Dekan ini membahas 2 isu penting, yaitu: Panduan bersama Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Perjanjian Kerjasama diantara anggota BKS Dekan FH PTN Indonesia Wilayah Timur. Perwakilan yang hadir sepakat menyusun dan menandatangani Perjanjian Kerja Sama yang akan digunakan sebagai payung kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi, Program MBKM dan internasionalisasi. Implementasi yang pertama adalah disusunnya Panduan Program MBKM agar adanya persamaan persepsi mengenai MBKM, jenis mata kuliah yang dapat dikonversi, jumlah SKS dan sistem pertukaran mahasiswa diantara FH PTN Wilayah Indonesia Timur. Semoga ke depannya anggota BKS Dekan FH PTN Wilayah Indonesia semakin mendukung satu sama lain sehingga maju dan kuat bersama.