Rapat Koordinasi Perencanaan Kegiatan UP3M Tahun 2023

Rapat Koordinasi Perencanaan Kegiatan UP3M Tahun 2023. 

Senin, 6 Februari 2023, UP3M Fakultas MIPA yang diketuai oleh Dr. I Nengah Wirajana, S.Si bersama TPPMPS melaksanakan rapat koordinasi perencanaan kegiatan UP3M FMIPA yang bertujuan untuk mematangkan rencana kerja rutin dan mempersiapkan program studi di lingkungan FMIPA UNUD dalam melaksanakan akreditasi Internasional. Akreditasi program studi ini seperti diketahui adalah salah satu upaya atau instrumen dalam menjaga, meningkatkan, serta menjamin mutu pendidikan yang dilaksanakan di dunia pendidikan secara umum dan di Fakultas MIPA secara khusus. Rapat ini dihadiri langsung oleh Dekan FMIPA UNUD (Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc.,Ph.D), Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan (Dr.Drs. G.K. Gandhiadi, M.T), Ketua UP3M, Sekretaris UP3M (Dr. Ni Made Suartini, S.Si.,M.Si) beserta seluruh ketua dan Anggota TPPMPS Program Studi secara luring di ruang sidang dekanat FMIPA kampus Bukit Jimbaran. 

 

Dalam sambutan Dekan, Watiniasih menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UP3M yang sudah menginisiasi rapat koordinasi ini. Watiniasih berharap rapat koordinasi ini nantinya dapat mendukung pelaksanaan kegiatan FMIPA utamana dalam hal penjaminan mutu dan akreditasi naasional maupun internasional. Watiniasih berharap UP3M dapat mengakselerasi akreditasi internasional. Dokumen apa saja yang diperlukan agar dikonfirmasi ke pimpinan sehingga tidak ada berkas yang kurang dan tujuan akreditasi internasional yang direncanakan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal. Watiniasih juga mengingatkan bahwa semua dokumen akreditasi haruslah dalam bahasa Inggris, tentunya hal ini akan menjadi tantangan untuk kita semua agar selain lengkap juga mengandung kaedah-kaedah tata bahasa yang diharapkan. Pertengahan tahun 2023 adalah target dokumen akreditasi internasional harus sudah siap. Watiniasih berharap seluruh tim dapat bekerja dengan maksimal, bisa melaksanakan apa yang ditugaskan dengan baik dan semua prodi harus siap nantinya untuk akreditasi internasional. Mengakhiri sambutan, dengan diiringi puji syukur dan berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa - Tuhan Yang Maha Esa, Watiniasih mengetuk palu tiga kali sebagai penanda bahwa Rapat Koordinasi Perencanaan kegiatan UP3M tahun 2023 dibuka secara resmi. 

 

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan (Dr.Drs. G.K. Gandhiadi, M.T) sebagai wakil dekan yang membidangi pendidikan dan perencanaan turut menyampaikan bahwa akrediasi internasional dalam hal menuju internasionalisasi merupakan pekerjaan besar. Gandhiadi mengarahkan agar tim dapat memetakan semua kekuatan, kelemahan, tantangan, dan persaingan sehingga nantinya dapat dicari cara serta langkah-langkah strategis agar tujuan penjaminan mutu serta akreditasi internasioanl dapat tercapai dengan status yang maksimal. Peluang nilai akreditas FMIPA mungkin tidaklah sama dengan yang lainnya. Sebagai langkah awal, kurikulum bertaraf internasional yang ber-OBE yang harus kita selesaikan dan selanjutnya baru lanjutkan dengan langkah strategis dan teknis berikutnya. Gandhiadi juga berharap kita semua dapat saling bekerjasama untuk memajukan civitas kita tercinta menjadi civitas pendidikan yang bertaraf internasional.

Setelah sambutan dan arahan dari pimpinan, selanjutnya rapat diserahkan kepada kepada Ketua UP3M.