Sediakan Wadah Mahasiswa Untuk Berinovasi, HIMATETA FTP UNUD Laksanakan Scientific Champion 2022

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) sukses menyelenggarakan Kegiatan Webinar Nasional Scientific Champion 2022 yang disiarkan langsung pada hari Kamis, 28 Juli 2022  di Ruang 1.1 dan 1.2 Gedung JA FTP Kampus Bukit Jimbaran dan Via Cisco Webex Meeting.

 

Webinar Nasional merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Scientific Champion 2022, dimana selain Webinar juga ada pengumuman Lomba Poster dan Esai. Scientific Champion diikuti oleh 65 tim dengan rincian 30 tim poster dan 35 tim esai. Perlombaan ini diadakan mulai bulan Mei hingga Juli. Telah diumumkan hasil penilaian dari masing-masing kategori lomba. Kategori lomba esai nilai tertinggi diraih oleh Anissa Banowati dengan judul esai yaitu  Artisys (Arduino Based Smart Irrigation System) Sistem Irigasi Pertanian Otomatis Dengan Sistem Kontrol Kelembaban Tanah Berbasis IoT di Muara Telang Demi Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan Menuju Kedaulatan Pangan Nasional dan untuk kategori lomba poster nilai tertinggi diraih oleh Angel Citra Ornella Lumban Gaol dengan judul poster yaitu Revolusi Pertanian Digital dan Implementasi IoT Pada Perangkat Mobile Landspeak untuk Mengelola Sistem Irigasi.

 

Pada kegiatan Webinar Nasional, menghadirkan Pembicara Prof. Ir. I Made Supartha Utama, M.S., Ph.D. yang membawakan materi yang menarik yaitu Realizing Agricultural and Engineering Technology to Sustainable System in the 4.0 Era. Arya Maulana selaku ketua HIMATETA FTP Unud melaporkan yakni dengan diselenggarakannya Kegiatan Scientific Champion secara Nasional ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan inovasi dan ide kreatifnya dalam mengembangkan pertanian di era 4.0.