Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas PKM, HIMATEPA FTP Unud Selenggarakan SEFOLOGY 2022

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan (HIMATEPA) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana selenggarakan SEFOLOGY (Scientific Events of Food Technology) 2022 guna meningkatkan produktivitas dan kualitas Proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang telah diselenggarakan secara Hybrid pada Minggu, 5 Juni 2022 di Gedung JA Fakultas Teknologi Pertanian Bukit Jimbaran. Kegiatan hari kedua dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wiaya, M.App.Sc., Ph.D., serta dihadiri oleh Koprodi Teknologi Pangan Ibu Dr. Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati, S.TP., M.Si dan beberapa Dosen Program Studi Teknologi Pangan yaitu Ibu A.A. Istri Sri Wiadnyani, S.TP., M.Sc., Ibu Luh Putu Trisna Darmayanti, S.Hut., M.P., dan I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP.

 

Sebelumnya telah dilaksanakan acara SEFOLOGY Hari pertama pada Minggu, 20 Maret 2022 di Ruang Baca Gedung GA Lantai 2, Kampus Unud Jimbaran. Kegiatan hari pertama adalah talkshow pembekalan yang menghadirkan pembicara dari Mahasiswa yang memiliki pengalaman pembuatan Proposal PKM hingga lolos tahap Pendanaan. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Angkatan 2020 dan 2021.

 

Kegiatan SEFOLOGY hari kedua merupakan rangkaian kegiatan hari pertama yang berisikan presentasi dari proposal PKM mahasiswa yang terpilih. PKM yang dipresentasikan berasal dari berbagai kategori seperti PKM Penerapan Iptek, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM Kewirausahaan dan PKM Riset dan Eksakta. Dewan Juri pada kegiatan ini yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. I Nengah Kencana Putra, M.S., Bapak Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, M.P., dan Ibu Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P.

Beberapa topik yang dibawakan oleh Mahasiswa adalah Inovasi Minuman Serbuk Fungsional Berbasis Umbi Bidara Upas dan Rempah Untuk Menjaga Sistem Pernafasan, Inovasi Permen Jelly Dengan Varian Rasa Jamu Tradisional Khas Indonesia Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Minat Anak-Anak dalam Konsumsi Pangan Herbal, Pengolahan Buah sukun Menjadi Tepung Untuk Pembuatan Cookies Kering, Rosella Nata De Coco Olahan Pangan Alternatif Kaya Akan Antioksidan Alami dan masih banyak lagi ide menarik lainnya.

Ida Bagus Gede Mahatmananda selaku ketua HIMATEPA berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi PKM di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian khususnya di Program Studi Teknologi Pangan sehingga kedepannya PKM yang dihasilkan dapat bersaing pada tingkat Fakultas, Universitas bahkan lolos ke jenjang Universitas dan pendanaan.