Website Program Studi

Program Studi Industri Perjalanan Wisata (IPW) berdiri pertama kali pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 29 Juli 2008 berdasarkan :

  1. SK Dirjen Dikti nomor 2425/D/T/2008, tentang ijin penyelenggaraan program studi baru pada Universitas Udayana.
  2. SK Rektor Universitas Udayana Nomor 347 A/H14/HK/2008 tentang pendirian Fakultas Pariwisata Universitas Udayana

Penerimaan mahasiswa baru, dilaksanakan mulai tahun ajaran 2009/2010  melalui testing masuk PMDK maupun SNPTN

Berdirinya program studi IPW melalui perjalanan yang panjang, karena  sejak berdirinya PSIK (Program Studi Ilmu Keparaiwisataan) pada tahun 1985, yang sekarang menjadi PS. D4  Pariwisata.  Beberapa kali proposal S1 Pariwisata yang dibawa ke Dirjen Dikti  belum dapat disetujui.

Namu setelah diajukan dengan format baru serta mengacu pada pangsa pasar serta rambu-rambu kurikulum dari HILDIKTIPARI, akhirnya, ijin prodi dapat disetujui oleh Dirjen Dikti.

Dalam rangka mengantisipasi persaingan yang semakin ketat serta kebutuhan pasar kerja yang menghendaki lulusan yang berkualitas, telah beberapa kali dilakukan penyempurnaan kurikulum. Pada tahun 2009 ini telah disempurnakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) Dan telah dilaksanakan bagi mahasiswa baru pada tahun akademik 2009/2009.

Kurikulum KBK berorientasi pada pengembangan Soft Skill mahasiswa. Hal ini sejalan dengan keberadaan Prodi yang berbasis Pariwisata sehingga sangat tepat menerapkan Soft Skill. Pada tahun ajaran ini mahasiswa diharuskan menggunakan uniform / pakaian formal, pada saat perkuliahan sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang kuliah menggunakan jean. Paradigma baru dalam kegiatan perkuliahan ini sebagai antisipasi dan saran dari pihak Hotel, Biro Perjalanan Wisata sebagai tempat training,magang serta kerja bagi lulusan fakultas Pariwisata. 

Ketua Prodi : I Made Kusuma negara, SE.,M.Par
Sekretaris Prodi : Yayu Indrawati, SS., M.Par.

Sesuai dengan SK Rektor Nomor 88/UN14/KP/2014 tentang pengangkatan Ketua dan Sekretaris Program Studi Dilingkungan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana tertanggal 14 Pebruari 2014.

Visi dan Misi Industri Perjalanan Wisata

VISI :

Mewujudkan Program Studi Industri Perjalanan Wisata yang Kompetitif, Profesional, Mandiri, Berbudaya, dan Diakui Secara Internasional Tahun 2026.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bisnis industri  perjalanan pariwisata yang berorientasi dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pariwisata.
  2. Peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kapasitas sarana pembelajaran, tenaga pendidik, dan kependidikan yang profesional.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, kreatif, berintegritas tinggi, mandiri,dan bermoral yang dilandasi budaya luhur sehingga mampu menciptakan/mengisi peluang kerja dalam bidang pariwisata. 
  4. Menyelenggarakan komunikasi dan kemitraan dengan stakeholder di bidang pariwisata dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : I Made Kusuma negara, SE.,M.Par

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Yayu Indrawati, SS., M.Par.

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Industri Perjalanan Wisata
Alamat : Jl. Dr. R Goris No. 7 Denpasar – Bali 80235
Telepon : 0361 - 223798
Email : s1ipwunud@gmail.com
Website : www.fpar.unud.ac.id