Website Fakultas

Dalam rangka mengantisipasi era globalisasi dan perdagangan bebas, serta tantangan pembangunan nasional maupun daerah yang semakin kompleks, tentu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli, terampil, profesional dan berpengetahuan luas di bidang pariwisata. Adanya fenomena tersebut menjadi stimulus bagi lahirnya berbagai lembaga pendidikan pariwisata, mengingat Bali sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang dianalogikan sebagai laboratorium hidup kepariwisataan di Indonesia.

Menjawab tantangan tersebut dan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang andal secara akademis, profesional, terampil serta mampu bersaing dalam bidang pariwisata, maka Unud membuka Program Studi Pariwisata, baik Program Reguler (Kelas Pagi) Diploma IV Pariwisata dengan SK. Dirjen Dikti No. 67/Dikti/Kep./1989 maupun Program Paralel (Kelas Sore) dengan SK. Rektor Unud No. 2442/J14/HK.01.23/1998. Lulusan Program Studi Diploma IV Pariwisata Reguler maupun Paralel berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par.), yang dalam jenjang kepangkatan PNS disetarakan dengan Jenjang Sarjana S1 (Strata 1). Hal ini tertuang dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. B-U34/A.II/1997 tanggal 6 November 1997, dan telah diperbaharui dengan SK Menteri Pendidikan Nasional RI. No. 178/U/2001 tertanggal 21 Nopember 2001 tentang Gelar dan Sebutan Lulusan Perguruan Tinggi.

Turunnya ijin pendirian Program Studi Sarjana Strata 1 (S1) dengan- SK. Dirjen DIKTI No. 2425/D/T/2008 tanggal 29 Juli 2008 dan SK. Rektor Unud No. 347A/H14/HK/2008 tertanggal 27 September 2008 tentang pendirian Fakultas Pariwisata Unud. Sehingga Fakultas Pariwisata Unud memiliki tiga Program Studi, yaitu : (1) Program Studi Diploma IV Pariwisata, (2) Program Studi Destinasi Pariwisata jenjang Strata 1 (S1), dan (3) Program Studi Industri Perjalanan Wisata jenjang Strata 1 (S1). Dimana alumni Program Studi Strata 1 (S1) berhak menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par.).?/<>!

Visi & Misi

Visi

Terwujudnya Fakultas Pariwisata yang Unggul, Mandiri, Berbudaya, dan Bertaraf Internasional pada Tahun 2025.

Misi

  1. Mengembangkan tata kelola fakultas, pelayanan dan proses pendidikan di bidang pariwisata yang bermutu.
  2. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia, sarana, dan prasarana penunjang pendidikan untuk mendukung penyelenggaraan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Mewujudkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemecahan masalah (problem solving) yang ada pada masyarakat.
  4. Meningkatkan publikasi ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam bidang pariwisata.
  5. Mengembangkan komunikasi dan kemitraan dengan pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pariwisata.

Detail

Nama Fakultas : Fakultas Pariwisata
Alamat : Jl. dr. R. Goris no.7 Denpasar, Bali, Indonesia 80114
Telepon : 0361223798
Email : infopar@unud.ac.id
Website : fpar.unud.ac.id