MAHASISWI HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS UDAYANA RAIH KESEMPATAN PERTUKARAN PELAJAR DARI KEDUTAAN BESAR TIONGKOK DI JAKARTA

Tania (kanan) Bersama Duta Besar Tiongkok Untuk Indonesia Ketika Acara Penyambutan di Kedutaan Besar Tiongkok-Jakarta

Denpasar – Selasa (08/05), Tania Teresa yang merupakan mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Udayana angkatan 2015 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar Tiongkok-Indonesia. Tania menjadi salah satu pelajar dari Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mengenal lebih dekat budaya dan kebijakan Tiongkok karena telah menjadi salah satu pemenang sebuah kompetisi karya tulis yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta bersama Foreign Policy Community of Indonesia. Selama hampir satu bulan lamanya, Tania bersama beberapa mahasiswa lain dari Indonesia maupun Tiongkok belajar mengenai Budaya dan kebijakan yang ada di beberapa kota besar di Tiongkok maupun Indonesia.‚Äč

Tania Saat Berada di Tiongkok

 

Ketika melakukan wawancara dengan Tania, ia menjelaskan bila awal mula keikutsertaan dirinya dalam kegiatan ini karena keingin tahuannya terhadap sesuatu yang baru amatlah besar. Dia juga menjelasakan sebelum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini, dirinya telah melewati rangkaian seleksi dari pihak panitia yang cukup ketat, dimulai dari seleksi berkas karya tulis hingga wawancara melalui telefon.

Lebih jauh, Tania menjelasakan bila kegiatan dalam program pertukaran pelajar tersebut mengajak pelajar untuk menambah pengetahuan budaya maupun tata pemerintahan secara langsung di lapangan secara bersama. Dari kebersamaan tersebut, diharapkan mampu menciptakan rasa saling pengertian diantara pelajar dari kedua Negara.

Pada akhir wawancara, Tania berharap agar nantinya hubungan Indonesia dengan Tiongkok dapat terus meningkat dan dapat menghapus stigma negatif tentang Tiongkok yang berkembang saat ini. Hubungan baik antar kedua Negara ini harus dilihat dari sisi positif sehingga mahasiswa Indonesia, dan khususnya mahasiswa Universitas Udayana dapat melihat peluang dan kesempatan dari kerjasama yang telah dibangun oleh kedua Negara. (pratama)