PENGARUH KUALITAS LAYANAN KARYAWAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT PERILAKU LOYAL WISATAWAN MANCAENGARA PADA HOTEL NON BINTANG DI BALI

DISERTASI

Abstract

By : I Nyoman Gede Astina

Email : astina.ardani@gmail.com

Faculties : Fakultas Pariwisata

Department : S3 Pariwisata

Layanan merupakan produk utama dalam bisnis pariwisata yang menggambarkan segenap usaha untuk mengurus kebutuhan dan keinginan wisatawan sebagai pelanggan. Dalam bisnis pariwisata, kepuasan dan loyalitas wisatawan ditempatkan sebagai tujuan terpenting oleh setiap perusahaan untuk mencapai keuntungan dan bisnis yang berkelanjutan. Strategi memuaskan dan meraih loyalitas pelanggan dalam bisnis yang modern tidak dapat dilakukan hanya melalui aspek transaksional, tetapi telah berkembang pada aspek relasional. Untuk itu, perusahaan harus dapat membangun relasi dengan pelanggan dan melakukan kerjasama yang saling menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam relasi. Perusahaan yang menempuh strategi relasional lebih mengarahkan perhatiannya untuk membangun relasi dengan pelanggan daripada hanya fokus pada transaksi penjualan saja, sehingga perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan secara mendalam. Relasi yang telah terjalin dengan semua pelanggan sebagai mitra yang saling menguntungkan dapat mengarah kepada hubungan yang lebih kompleks dan tumbuh menjadi jaringan bisnis.

Keyword : PENGARUH KUALITAS LAYANAN KARYAWAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT PERILAKU LOYAL WISATAWAN MANCAENGARA PADA HOTEL NON BINTANG DI BALI

Download : File 1 File 2 File 3