Website Program Studi

Sejarah

Gagasan pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) di Bali sudah direncanakan sejak tahun 1997. Pada waktu itu di beberapa Universitas Negeri di Indonesia PSIK berdiri di bawah Fakultas Kedokteran. Mengingat terbatasnya sumber daya dosen lulusan di Bali maka ditawarkan untuk menyelenggarakan pendidikan D.IV Keperawatan, namun rencana tersebut belum dapat direalisasikan. Pada tahun 2002 setelah Bali memiliki lulusan Magister Keperawatan dan menanggapi desakan dari pihak Rumah Sakit serta lulusan D.III Keperawatan, maka dimulailah melakukan penjajagan ke Dekan FK UNUD untuk menyampaikan rencana pendirian PSIK di FK UNUD. 

Tantangan yang dihadapi adalah adanya polemik yang berkembang  bahwa UNUD tidak akan membuka Program Studi baru. Setelah dua tahun berjalan akhirnya pada tahun 2004  polemik tersebut mereda dan ide mendirikan PSIK dibangkitkan kembali. Akhirnya dibentuklah Task Force  yang terdiri dari: Prof. dr. Made Kornia Karkata, Sp.OG (K), Prof. I  Ketut Suata, Sp.MK., PhD., dr. IGN Anom Murdhana, Ni Wayan Mulati, VM Endang SP Rahayu S.Kp., I Ketut Suardana, S.Kp.M.Kes., Komang Ayu Mustriwati, S.Kp. MPH dan Ni Made Nursari, SKM, MARS. 

Rencana pengembangan Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNUD ini menjadi lebih realistik karena telah mendapat dukungan kuat dari beberapa stakeholders. Direktur Utama RSUP Sanglah dan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali menanggapi positif dan memberi dukungan kuat terhadap rencana ini. Hal ini tercetus dalam pertemuan koordinasi antara Dekan FK UNUD, Direktur Utama RSUP Sanglah dan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali pada tanggal 26 Juni 2005. Gubernur Bali dalam sambutan penutupan pada International Nursing Conference di Hotel Mercuri Sanur pada 30 Juni 2005, secara gamblang mengatakan sangat mendukung penyelenggaraan pendidikan keperawatan setingkat sarjana di Bali. Masukan yang konstruktif dan tanggapan yang positif juga telah diberikan oleh para pimpinan UNUD setelah Dekan FK UNUD mempresentasikan rencana ini dalam Rapat Pimpinan UNUD bulan Juli 2005. Representatif WHO di Indonesia yaitu Mr. Georg Patterson yang khusus diundang ke FK UNUD untuk mendiskusikan rencana ini, ternyata memberikan juga tanggapan positif. WHO berkomitmen untuk membantu terutama dalam pengembangan staf dan asistensi dalam pengembangan kurikulum. Tidak kalah pentingnya adalah dukungan yang disampaikan oleh Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang beliau cetuskan dalam pertemuan informal di Hotel Sanur Plaza dengan Rektor UNUD yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali, Direktur Utama RSUP Sanglah dan Dekan FK UNUD.

Setelah proposal tersusun dan berkoordinasi dengan Asosiasi Institusi Penyelenggara Pendidikan Ners Indonesia (AIPPNI) di Jakarta dan rekomendasi dari Rektor UNUD serta Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali, maka pada tanggal 23 Maret 2006 dilakukan visitasi dari PPNI Pusat dan dengan pembinaan khusus. Setelah mendapat rekomendasi PPNI Pusat dan Kepala PPSDM Depkes, maka pada tanggal 12 Juli 2006 diterbitkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 2682/D/T/2006 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) pada Universitas Udayana. Ijin tersebut sudah diperpanjang secara berkala pada tahun 2008. Selanjutnya ijin operasional berlaku mengikuti berlakunya masa akreditasi yang akan berakhir pada tahun 2017. 

Melalui proses seleksi lokal pada tahun I (pertama) tahun 2006 diterima 84 mahasiswa dari program A (lulusan SMA dan sederajat). Pada tahun 2007 PSIK FK UNUD menerima mahasiswa program A dari jalur PMDK dan SPMB serta  Program B dari lulusan D.III Keperawatan. Setiap tahun peminat yang ingin memilih PSIK semakin meningkat dan pada penerimaan mahasiswa jalur PMDK tahun 2009, jumlah pendaftar di PSIK FK UNUD menempati urutan kedua setelah program pendidikan dokter. 

Pola pendidikan yang dijalankan di PSIK FK-UNUD adalah berbasis kompetensi yang mengacu pada kurikulum AIPNI (asosiasi Institusi Penyelenggara Pendidikan Ners Indonesia) dengan paradigma pembelajaran lebih ke arah student centered. 

 

Visi dan Misi ILmu Keperawatan

Visi :

Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan yang menghasilkan sumber daya keperawatan yang professional, unggul, mandiri dan berbudaya sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional tahun 2019.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan berbasis kompetensi dengan kompetensi  tambahan  keperawatan  pariwisata  melalui  tata  kelola  yang baik (good governence) 
  2. Melaksanakan  penelitian  untuk  mengembangkan  IPTEK  dan  mutu keperawatan.
  3. Melaksanakan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  tepat  guna berlandaskan budaya, moral serta integritas yang tinggi.

Tujuan Pendidikan :

  1. Menjadikan  Program  Studi  Ilmu  Keperawatan  yang  bertata  kelola  baik melalui optimalisasi peran unit-unit organisasi.
  2. Menghasilkan tenaga profesional  yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan  dalam  bidang  keperawatan  serta  memiliki  kompetensi tambahan  keperawatan  pariwisata sehingga  mampu  bersaing  ditingkat regional, nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan publikasi ilmiah nasional, internasional dan paten melalui peningkatan jumlah dan mutu penelitian. 
  4. Mengembangkan  kemampuan  lulusan  sebagai  sumber  informasi  dan inovasi  untuk  meningkatkan  kecerdasan  masyarakat  dalam  bidang kesehatan.

Pejabat

prof-tirta-2197984931.jpg

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 195012311980031015

Nama Pejabat : Prof. dr. Ketut Tirtayasa,MS.AIF

Periode Awal : 2013-10-03

Periode Akhir : 2017-10-03

Website :

prapti-8745885328.jpg

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : 197804172008122

Nama Pejabat : Ns. Ni Ketut Guru Prapti.S.Kep.,MNS

Periode Awal : 2014-11-20

Periode Akhir : 2017-10-03

Website :

Detail

Nama Fakultas : Ilmu Keperawatan
Alamat : Jln. PB Sudirman 80232 Denpasar
Telepon : 0361 - 222510
Email : psikfkunud@yahoo.com
Website : https://fk.unud.ac.id/?page_id=44