Website Program Studi

Sejarah Sastra Indonesia

Sejarah lahirnya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia bertepatan dengan didirikannya Fakultas Sastra Udayana, yakni pada tanggal 29 September 1958 berdasarkan kesepakatan yayasan Fakultas-fakultas Nusa Tenggara dengan persetujuan Menteri PP dan K (Buku Kenangan HUT Pancawindu & BKFS XVII, 1998: iv).

Adapun tujuan mendirikan Fakultas Sastra Udayana adalah untuk menghasilkan kader-kader lulusan yang professional guna membantu penyelenggaraan pemerintahan di daerah Bali selain meningkatkan usaha-usaha pembinaan, pengembangan dan pelestarian budaya Bali ILihat paper Prof. Ardhana). Ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada awal berdirinya Fakultas Sastra, yaitu menyiapkan pendirian jurusan yang sesuai potensi budaya yang dimiliki daerah Bali. Oleh sebab itu kemudian lahirlah Jurusan Ilmu Purbakala dan Sejarah Kebudayaan Indonesia dan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Alasan berdirinya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah untuk mengembangkan Bahasa dan Sastra Indonesia, di samping itu tenaga pengajarnya sudah tersedia.

Visi dan Misi Sastra Indonesia

Visi

Merupakan wawasan, pandangan, atau kemampuan untuk melihat pada inti persoalan dalam pengembangan Jurusan Sastra Indonesia agar tetap eksis, inovatif, dan produktif di dalam payung “Unggul, Mandiri, dan Berbudaya”. Maksudnya, keunggulan akademis, kelembagaan dan kepakaran yang mandiri dam kompetitif, serta berbudaya kelinguistikan dan kesastraan Indonesia yang peduli atas persoalan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Keunggulan akademis artinya berkualitas dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi dan sebagai pusat penelitian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan kelinguistikan dan kesastraan Indonesia. Kelembagaan dan kepakaran yang mandiri dan kompetitif artinya memiliki kemampuan yang mandiri dan kompetitif dalam pengembangan sistem manajemen jurusan Sastra Indonesia, baik sumber daya manusia, lembaga, maupun keluaran jurusan. Terakhir, berbudaya kelinguistikan dan kesastraan yang peduli atas persoalan kebahasaan dan kesastraan Indonesia artinya menjunjung tinggi nilai-nilai budaya kelinguistikan dan kesastraan Indonesia yang dilandasi oleh nilai kejujuran dan kebenaran akademik.

Misi 

Berdasarkan visi “keunggulan akademik, kelembagaan dan kepakaran yang mandiri dan kompetitif, serta berbudaya kelinguistikan dan kesastraan Indonesia yang peduli atas persoalan kebahasaan dan kesastraan Indonesia”, disusunlan misi jurusan yang harus dilaksanakan agar semua komponen jurusan melibatkan diri dan bersama-sama bergerak sesuai tugas pokok masing-masing sehingga apa yang diprogramkan jurusan berjalan dengan baik dan diperoleh hasil yang maksimal. Adapun misi jurusan itu ditetapkan berikut ini.

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi yang berkualitas, yang dapat  mendukung proses perubahan dan kemajuan bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia;
  2. Meningkatkan kualitas lulusan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja serta melaksanakan landasan pembentukan watak dan kepribadian, jiwa kebangsaan serta penguasaan ilmu kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan teknologi mutakhir.
  3. Menyiapkan lulusan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan ilmu kebahasaann dan kesastraan Indonesia, teknologi mutakhir dan atau seni budaya; 
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki tanggung jawab social, kepekaan, dan kepedulian atas persoalan kebahasaan dan kesastraan Indonesia.

Untuk mencapai visi dan misi jurusan tersebut perlu ditetapkan sejumlah upayakan jangka pendek, seperti berikut.

  1. Peningkatan kualitas proses belajar-mengajar (learning and teaching proses)
  2. Peningkatan kualitas keterampilan penelitian (research skill) untuk dosen dan mahasiswa.
  3. Pengadaan perpustakaan (resource centre) yang memadai khususnya materi kebahasaan dan kesastraan.
  4. Penerapan manajemen internal yang terbuka dan efektif.
  5. Melakukan sosialisasi  lembaga dan prestasi kinerja Jurusan Sastra Indonesia ke masyarakat (public relation and service).

 

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : DR. DRS. I KETUT SUDEWA, M.HUM

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : DRS. I WAYAN TEGUH, M.HUM

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Sastra Indonesia
Alamat : Jln. Nias No. 13 Sanglah Denpasar 80114 Bali
Telepon : -
Email : -
Website : -