Website Program Studi

SEJARAH

Cikal bakal pembentukan Program Studi Teknik Pertanian (PS.TEP) di UNUD melalui serangkaian perjalanan panjang.  Pembentukan  program studi ini  merupakan  hasil pemekaran dari PS. Teknologi Pertanian (PS.TP) yang sebelumnya telah dibentuk di UNUD pada tahun 1984.  Dalam  kurun waktu  satu dasa warsa, perkembangan  ilmu dan pengetahuan di bidang teknologi pertanian baik di tingkat nasional maupun  internasional tenyata berjalan sangat pesat.  
Dalam  rangka merespon perkembangan positif tersebut,  sejak tahun 1995, dilakukan penyempurnaa dalam pembelajaran bagi mahasiswa PS.TP, dengan menyediakan tiga pilihan bagian keilmuan, yaitu Bagian Teknologi Hasil Pertanian (THP), Teknologi Industri Pertanian (TIP), dan Bagian Teknik Pertanian (TEP).  Setahun  kemudian,  yakni tahun 1996, UNUD, diizinkan oleh DIKTI, untuk membuka program studi baru, yaitu PS. Teknologi Hasil Pertanian (PS.THP), untuk mewadahi perkembangan pembelajaran  yang mulanya dikelola oleh bagian tersebut. Lima tahun kemudian, tepatnya tahun 2001, sejalan dengan semakin meningkatnya animo para lulusan SMA, khususnya  di Provinsi Bali untuk memperoleh kesempatan mengikuti pentidikan  tinggi pada bidang ilmu teknologi pertanian, UNUD diizinkan lagi untuk membuka program studi baru, yaitu PS. Teknologi Industri Pertanian (PS.TIP) untuk mewadahi perkembangan pembelajaran yang dikelola oleh bagian tersebut.  Komitmen dan dukungan pimpinan universitas di UNUD terhadap pengembangan profesionalisme dan ketrampilan di bidang teknologi pertanian semakin nyata. Berbagai hibah diberikannya,  baik dalam  bentuk peningkatan kualitas SDM pendidik dan tenaga kependidikan, maupun dalam bentuk penyediaan sarana dan  prasarana  pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan baik ini, tiga tahun kemudian,  tepatnya pada tahun 2004, UNUD kembali diizinkan oleh DIKTI untuk membuka program studi baru, yakni PS. Teknik Pertanian (PS.TEP), untuk mewadahi perkembangan pembelajaran  yang mulanya dikelola oleh bagian tersebut.  
Setelah, terbentuknya tiga program  studi  di UNUD yang  mewadahi pembelajaran bidang ilmu teknologi pertanian,  pada tahun 2004 dibentuklah fakultas baru yang diberi nama  Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), dengan SK Rektor No.271.A/J.14/PR.01.10/2004,tertanggal 7 Oktober  2004. Pembentukan fakultas ini juga, pada tahun 2005, diikuti dengan pembentukan  tiga Jurusan, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, dan Jurusan Teknik Pertanian.
Program  Studi Teknik Pertanian (PS.TEP), untuk pertama kalinya mulai menerima baru sejak tahun 2005.  Dalam perkembangannya, jumlah pelamar secara terus menerus mengalami peningkatan untuk memperebutnya daya tampung yang hanya tersedia maksimal untuk 50 (limapuluh) mahasiswa baru tiap tahunnya.  Demikian juga, lulusan yang dihasilkannya dapat terserap di berbagai sektor lapangan kerja, bahkan sudah ada yang berhasil berwirausaha. Dalam perjalanannya, pencapaian mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh  PS. Teknik Pertanian,  tegolong  baik, yang tercermin oleh pencapaian Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat  B (Skor 318) untuk periode  2009-2013, dan berikutnya masih  bertahan pada  pringkat B (Skor 338), untuk periode 2014-2019.   
Kurikulum yang dipergunakan sebagai pedoman penyelengaaran kegiatan belajar-mengajar disusun berbasis pada standar-standar sebagaimana yang disepakati sebagai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)  bidang Teknik Pertanian  dan Biosistem  dan tentunya juga tdak terlepas dari standar-standar yang diwajibkan oleh Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) untuk level pendidikan sarjana akademik (S-1).  Penyelenggaraan pendidikan tinggi di  PS. Teknik Pertanian UNUD, diharapkan dapat berperan  nyata pada pembangunan  nasional maupun  dunia khususnya  memberikan solusi  terhadap dua isu-isu strategis, yaitu isu strategis yang berkaitan dengan kemandirian pangan, dan isu strategis yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam  dan lingkungan. Visi keilmuan adalah mengembangkan iptek terkait sistem pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture system) dan sistem pertanian presisi (precession agriculture systems).

 

Visi Misi Teknik Pertanian

Visi :

Menjadi program studi terkemuka yang unggul, mandiri dan berbudaya dalam memberikan pelayanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang teknik pertanian

Misi :

  1. Melaksanakan sistem tata kelola dan tata pamong program studi yang transparan dan akuntabel.
  2. Menyempurnakan kurikulum dan proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan stakeholders/pengguna lulusan.
  3. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik sesuai dengan roadmap keilmuan program studi.
  4. Meningkatkan kualitas layanan akademik dan non-akademik.
  5. Menjalin kemitraan dengan stakeholders.

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Dr.Ir. I Wayan Widia, MSIE

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Ni Luh Yulianti, S.TP, M.Si

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Teknik Pertanian
Alamat : Kampus Bukit Jimbaran, Badung, Bali 80364
Telepon : 0361-701801
Email : tep_ftp.Unud.ac.id
Website : www.ftp.unud.ac.id