Website Program Studi

Sejarah Pendirian


Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PS Fisioterapi FK Unud) merupakan program studi yang dibuka di FK Unud setelah Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Keperawatan, dan Program Studi Psikologi. Program Studi ini dibuka untuk menjawab tantangan akan perlunya tenaga fisioterapi yang profesional dalam hal ini bersifat otonom dan mandiri di Indonesia sesuai dengan Kepmenkes 376/Tahun 2007. Fisioterapi sebagai salah satu profesi kesehatan dituntut untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional, efektif dan efisien. Hal ini disebabkan oleh karena pasien/klien fisioterapi secara penuh mempercayakan permasalahan gangguan gerak dan fungsi yang dialaminya untuk mendapatkan pelayanan fisioterapi yang bermutu dan bertanggung jawab. Ijin penyelenggaraan Program Studi Fisioterapi dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 53/D/O/2010 pada tanggal 21 Mei 2010. PS Fisioterapi FK Unud mempunyai potensi yang besar untuk terus tumbuh dan berkembang dengan pesat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan kebutuhan masyarakat.
Struktur organisasi PS Fisioterapi FK Unud dipimpin oleh seorang Ketua PS dan sekretaris yang dibantu oleh para koordinator dan tim serta didukung oleh staf administrasi. PS Fisioterapi FK Unud juga didukung oleh pihak Rektorat, Sistem Informasi, Unit Pelaksana Teknis seperti Perpustakaan serta Laboratorium. Pada saat ini penyelenggaraan PS Fisioterapi FK Unud   telah mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan. PS Fisioterapi FK Unud mempunyai visi terbentuknya Program Studi S1 Pendidikan Fisioterapi yang mampu menghasilkan tenaga fisioterapi profesional, unggul, mandiri, dan berbudaya serta mempunyai daya saing secara global pada tahun 2025.
Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan sebelumnya, PS Fisioterapi FK Unud memiliki misi umum yaitu: memberdayakan PS Fisioterapi FK Unud sebagai program studi yang melaksanakan tri darma perguruan tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai budaya. Misi umum tersebut dijabarkan dalam 3 misi khusus, yaitu menghasilkan tenaga ahli fisioterapi yang memahami dan mampu menerapkan ilmu fisioterapi yang berbasis teknologi pembelajaran modern, menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif, serta mampu memanfaatkan ilmu fisioterapi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.
Berdasarkan visi dan misi tersebut, maka PS Fisioterapi FK Unud menetapkan tujuan sebagai berikut : menjadikan lulusan program Studi Pendidikan Fisioterapi Universitas Udayana menguasai kemampuan melaksanakan pekerjaan sebagai seorang ahli fisioterapi yang mempunyai dasar kemampuan professional serta menjadikan program Studi Pendidikan Fisioterapi sebagai organisasi /institusi pendidikan tinggi yang profesional dan memiliki tata kelola yang baik
Berdasarkan visi, misi dan tujuan tersebut, maka PS Fisioterapi menetapkan sasaran secara visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, sosialisasi program studi, pengembangan sistem pembelajaran, peningkatan jumlah dan mutu penelitian serta publikasi hasilnya, penyusunan standar mutu, pengembangan sistem pembelajaran, pengembangan sinergitas (dosen, mahasiswa dan lulusan), pembenahan fasilitas, serta pengembangan jejaring dalam rangka menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholders.
Strategi-strategi yang telah dirumuskan diharapkan dapat dijadikan pedoman untuk merumuskan kebijakan terkait dengan tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan agar penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi pada PS Fisioterapi FK Unud dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien yang didukung oleh sistem manajemen yang handal. Dengan demikian, program studi akan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan.

Visi Misi Fisioterapi

Visi
Terbentuknya Program Studi S1 Pendidikan Fisioterapi yang mampu menghasilkan tenaga fisioterapi profesional, unggul, mandiri, dan berbudaya serta mempunyai daya saing secara global pada tahun 2025.


Misi
Misi Umum PS Fisioterapi FK Unud yaitu:
Memberdayakan Progam Studi Fisioterapi FK Unud sebagai program studi yang melaksanakan tri darma perguruan tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai budaya.
Misi khusus PS Fisioterapi FK Unud yaitu :

  1. Menghasilkan tenaga ahli fisioterapi yang memahami dan mampu menerapkan ilmu fisioterapi yang berbasis teknologi pembelajaran modern
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Memanfaatkan ilmu fisioterapi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 19471211 197602 1

Nama Pejabat : Prof.Dr.dr I Nyoman Adiputra, MOH, PFK, Sp Erg

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Fisioterapi
Alamat : Jln. PB Sudirman 80232 Denpasar
Telepon : -
Email : -
Website : https://fk.unud.ac.id/?page_id=194