Website Program Studi

SEJARAH PENDIDIKAN
DOKTER SPESIALIS JANTUNG & PEMBULUH DARAH
FK UNUD

Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK. UNUD) berdiri sejak tanggal 16 Februari 2005 dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Udayana Denpasar Nomor: 41/J14/PR.00.10/2005. Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK. UNUD) ini merupakan cikal bakal dari Divisi Kardiologi Bagian/SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Sanglah Denpasar.

Berdasarkan Keputusan rapat Kolegium Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) tanggal 18 Februari 2006 menetapkan Bagian Kardiologi FK Universitas Udayana, telah siap sebagai Pusat Pendidikan Kategori 2 (PSK-2) / Binaan.

Ditetapkannya Piagam Kerjasama antara Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK. UNAIR) dengan Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK. UNUD) pada tanggal: 1 April 2006 No. 017/KARD/FK/IV/2006, No. 058/JO3.1.17/IJP/IV/2006 mengenai Pengembangan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS I) Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Udayana oleh Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK UNAIR sebagai institusi Pembina.

Bagian Kardiologi FK UNAIR selaku Pembina melakukan visitasi ke Bagian Kardiologi FK UNUD pada tanggal 29 Januari 2008. Tim visitasi terdiri dari: Prof. Dr. dr. Mohammad Yogiarto,SpJP(K), FIHA, Dr. dr. Soetomo,SpJP, FIHA, Prof. Dr. dr. Budi Susetyo Joewono, SpJP(K), FIHA.

Pada tanggal 9 April 2007 menerima peserta PPDS I yang pertama dimana seleksi penerimaannya dilakukan di Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang melakukan Pendidikan Pendahuluan Kardiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kemudian yang ke dua pada tanggal 5 Nopember 2007 dan ke tiga tanggal 21 Mei 2008 yang masing-masing sebanyak 2 (dua) orang residen.

Pendidikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Fakultas Kedokteran UNUD telah mulai menerima peserta didik yang pada tahap awal merupakan peserta yang terdaftar pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya. Pendidikan nya akan dilaksanakan sebagian di Surabaya dan sebagain lagi di Denpasar. Untuk hal tersebutlah dibutuhkan prasarana dan sarana pendidikan yang sekaligus akan memacu perkembangan pelayanan secara bersamaan. Dalam waktu dekat akhir tahun 2008 diharapkan Bagian Kardiologi & Kedokteran Vaskuler sudah menjadi Pusat Studi Kategori I (mandiri). Saat ini Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud sudah terakreditasi oleh Kolegium Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Indonesia pada tanggal 11-12 Maret 2012 dengan mendapatkan nilai Akreditasi B.

 

Visi Misi Kardiologi

VISI :

Menjadikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar sebagai lembaga pendidikan dokter spesialis  Jantung dan Pembuluh Darah yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang tinggi sesuai dengan standar regional maupun internasional, menjunjung tinggi etika kedokteran Indonesia.

MISI :

Mendidik dokter menjadi dokter ahli penyakit jantung yang:

  1. Mempunyai tanggung jawab dalam pengamalan ilmu kardiovaskular
  2. Mempunyai pengetahuan yang luas dalam bidangnya dan mempunyai ketrampilan yang cukup untuk menanggulangi masalah penyakit Jantung  dan pembuluh darah
  3. Mampu mengembangkan dan melaksanakan pelayanan penyakit jantung di lingkungannya
  4. Mampu mengembangkan diri untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sebagai dokter spesialis penyakit jantung kearah tingkat akademi yang lebih tinggi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tuntutan masyarakat
  5. Mampu merencanakan, melaksanakan pendidikan dan penelitian secara mandiri dalam rangka lebih mengembangkan penanggulangan masalah kardiovaskular

 

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Prof.Dr.dr. I Wayan Wita, SpJP(K), FIHA, FAsCC

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : dr. I Ketut Badjra Nadha, SpJP(K), FIHA, FAsCC

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Sp1 Kardiologi
Alamat : Bag./SMF Kardiologi & Kedokteran Vaskular Gedung Pelayanan Jantung Terpadu, Lt. IV RSUP Sanglah
Telepon : 0361 - 257518
Email : kardiologibali@gmail.com
Website : https://fk.unud.ac.id/?page_id=340