Website Program Studi

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana didirikan pada tanggal 18 Agustus 1964. Latar belakang pembukaan pendirianya, karena di kawasan Indonesia Timur, terutama Bali, sangat kaya akan warisan budaya yang unik dan yang perlu diungkap, dilestarikan serta dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Sejak didirikan, Program Studi Ilmu Sejarah telah menamatkan 382 Sarjana dan sebagian besar lulusannya telah bekerja, baik sebagai pegawai negeri maupun swasta, antara lain, sebagai anggota DPR, TNI, dosen, wartawan, karyawan bank, guru, tenaga peneliti, dan sebagainya.

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Budaya Unud, bila dilihat dari kualitas lulusan dan tenaga pengajarnya, termasuk 3 (tiga) besar Program Studi Ilmu Sejarah di Indonesia, disamping Program Studi Ilmu Sejarah UGM dan UI Jakarta. Tenaga dosen tetap berkualitas dengan pendidikan S3 (Doktor), S2 (Magister), dan S1. Selain tamatan Unud, tenaga pengajarnya juga merupakan lulusan UGM, UI, Australia, Belanda, dan Jerman. Kini jumlah dosen pengajar tetap sebanyak 16 orang.

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana dipimpin oleh seorang Ketua, dan sekretaris Jurusan yang didukung oleh unsur pimpinan Fakultas yaitu Dekan dan tiga orang Pembantu Dekan, pelaksana teknis, dan unsur pelaksana administrasi. 

Visi dan Misi Ilmu Sejarah

Visi :

Terwujudnya Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Udayana sebagai pusat pendidikan dan penelitian Ilmu Sejarah yang unggul di Bali dan kawasan Nusa Tenggara (NTB dan NTT), yang mampu melahirkan sejarawan profesional, mandiri, dan berbudaya pada tahun 2018.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu sejarah yang bermutu
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki moral dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat selaras dengan kepentingan masyarakat dan bangsa.
  4. Memberdayakan diri sebagai program studi yang berlandaskan pengembangan Iptek dan nilai budaya, yang memenuhi kepentingan civitas akademika, tanpa mengabaikan kebutuhan masyarakat di bidang ilmu Sejarah.
  5. Menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui sistem dan proses pembelajaran yang memiliki kompetensi tinggi.
  6. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak (dalam dan luar negeri) di dalam berbagai bidang, guna meningkatkan mutu tri dharma perguruan tinggi, manajemen, dan mutu pelayanan.
  7. Memberdayakan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang aktif membangun masyarakat yang berlandaskan budaya.
  8. Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme manajemen organisasi dan kepemimpinan yang berorientasi kepada pelayanan yang berkualitas.

 

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Dra. Anak Agung Ayu Rai Wahyuni,M.SI

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Fransiska Dewi Setiowati Sunaryo,S.S,M.Hum

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : Ilmu Sejarah
Alamat : Jln. Nias No. 13 Sanglah Denpasar 80114 Bali
Telepon : 0361 - 224121
Email : sejarahudayana@yahoo.com
Website : sejarah.udayana.ac.id