Website Program Studi

Pendidikan Program Studi Akuntansi (PSA) Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (FE Unud) berdiri pada tahun 1983. Sejak berdiri sampai dengan tahun 1988 PSA berafiliasi dibawah binaan PSA Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga. Dengan usaha yang konsisten dan terus menerus dibawah kepemimpinan Dekan FE Unud Ibu Dra. Komang Rastini dan melihat realita bahwa untuk memenuhi kebutuhan akan ahli di bidang akuntansi khususnya di Provinsi Bali dipandang perlu diselenggarakan program Studi Akuntansi. Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Depdikbud RI) pada tahun 1989 dengan Nomor: 66/DIKTI/Kep/1989, tanggal 22 Juli 1989 diputuskan Pembentukan Program Studi Akuntansi padaFakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Selanjutnya, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dan sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0686/U/1991 Pasal 17 ayat (3) untuk penambahan jurusan ditetapkan oleh Dirjen Dikti Depdikbud RI, maka Dirjen Dikti Depdikbud RI menerbitkan Surat Keputusan Nomor: 26/Dikti/Kep/1994 tanggal 28 Januari 1994 tentang pembentukan Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Namun, untuk mendapatkan gelar “Akuntan” lulusan PSA harus mengikuti Ujian Negara Akuntansi (UNA). PSA secara resmi menjadi Jurusan Akuntansi yang bebas dari Ujian negara Akuntansi berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor: 2755/D/T/1995, tanggal 6 Oktober 1995. Izin untuk dapat melaksanakan operasional/kegiatan Tri dharma perguruan tinggi PSA FE Unud adalah SK izin Perpanjangan operasional dari Rektor Universitas Udayana dengan nomor: 9458/D/T/KN/2011 tanggal 4 November 2011 yang berlaku sampai dengan 4 November 2015. Saat ini, Program Studi S1 Akuntansi FE Unud mendapatkan akreditasi “A” berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.005/BAN-PT/Ak-XIII/S1/VI/2010 tanggal 04 Juni 2010. Masa berlaku akreditasi sampai dengan 04 Juni 2015.

PSA akuntansi menetapkan kosentrasi berdasarkan rumpun mata kuliah. Rumpun mata kuliah adalah akuntansi keuangan, pengauditan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, Sistem Informasi Akuntansi, dan Perpajakan.

 

Visi Misi Akuntansi

Visi PSA diturunkan dari Visi Universitas Udayana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud. Adapun visi Universitas Udayana adalah: “Terwujudnya lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri dan berbudaya” Sedangkan Visi FEB Unud seperti berikut. “Menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumberdaya manusia di bidang ekonomi dan bisnis yang unggul, mandiri, dan berbudaya di Asia Tenggara pada tahun 2020”. Berdasarkan visi Unud dan FEB Unud maka visi PSA adalah
“Terwujudnya Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang menghasilkan sumberdaya manusia di bidang akuntansi yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya di Tingkat Asia Tenggara pada tahun 2020”.

Selanjutnya, akan diuraikan makna dari beberapa kata kunci rumusan visi tersebut.

  1. Unggul berarti PSA secara sadar menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saingnasional maupun internasional. Dengan keunggulan ini, maka PSA diarahkan menjadi lembaga pendidikan Strata-1 Akuntansi terdepan khususnya dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu keunggulan ini diaplikasikan melalui mata kuliah akuntansi hotel dan akuntansi Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang merupakan muatan lokal dan dapat memberikan keunggulan di bandingkan program studi akuntansi.
  2. Mandiri berarti semua sumber daya manusia yang dihasilkan PSA memiliki kepribadian tangguh, percaya diri, dan cerdas, sehingga mampu bersaing dan meningkatkan kualitas diri secara mandiri.
  3. Berbudaya berarti semua sumber daya yang dihasilkan, dapat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal yang bersifat universal dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Kearifan lokal yang universal dimplementasikan dalam bersikap seperti  arjawa (jujur), brahmacari (tekun belajar), krtajahita (tidak segan meminta maaf bila melakukan kesalahan), nismakrama (tidak mementingkan diri sendiri) dan tri kaya parisudha (satunya pikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik). Dengan demikian PSA diharapkan mampu menghasilkan kecerdasan itelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan spiritual.

Visi PSA merupakan acuan jangka panjang dalam tataran praktis. Sebagai acuan jangka panjang visi PSA akan menjadi arah dan petunjuk umum bagi seluruh jajaran organisasi yang ada dilingkungan PSA agar menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya dalam bidang akuntansi. Visi ini dijadikan dasar untuk menyusun tujuan, sasaran dan strategi pengembangan PSA di masa mendatang. Oleh karena pentingnya visi PSA, seluruh sivitas akademika dan seluruh pemangku kepentingan harus mengetahui, memahami, menghayati, dan berkomitmen terhadap visi yang telah disepakati demi tercapainya visi tersebut. Untuk itu, Visi PSA harus disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Visi PSA akan dapat terwujud apabila terdapat misi yang mendukung pencapaian visi tersebut. Adapun misi PSA adalah “meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang akuntansi secara efektif, efisien, dan relevan”.

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 19650323 199103 1

Nama Pejabat : Dr. A.A.G.P.Widanaputra, SE., M.Si., Ak.

Periode Awal : 2012-05-08

Periode Akhir : 2016-05-08

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : 19641225 199303 1

Nama Pejabat : Dr. I Dewa Nyoman Badera, SE., M.Si., Ak.

Periode Awal : 2012-05-08

Periode Akhir : 2016-05-08

Website :

Detail

Nama Fakultas : Akuntansi
Alamat : Kampus Bukit Jimbaran atau Jln.P.B. Sudirman, Denpasar
Telepon : 0361 - 701810 atau 0361 - 224133
Email : infoekonomi@unud.ac.id, e-mail PSA: jur.akuntansi¬_fe@unud.ac.id
Website : fe.unud.ac.id/akuntansi