Website Program Studi

Pulau Bali merupakan salah satu tujuan wisata dunia yang memiliki panorama alam yang indah serta kebudayaan unik dan luhur yang didukung oleh nilai-nilai lokal, seperti Filsafat Tri Hita Karana. Sebagai tujuan wisata dunia yang menawarkan beragam atraksi wisata, Pulau Bali senantiasa dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Salah satu pangsa utama pariwisata Bali adalah wisatawan Jepang. Tingkat kunjungan wisatawan Jepang yang tinggi ke Pulau Bali tentunya perlu diimbangi oleh tersedia SDM yang memiliki kemampuan serta keterampilan berbahasa Jepang yang baik. 

Tingginya kebutuhan SDM yang memiliki kemampuan serta keterampilan berbahasa Jepang yang baik semakin dirasa penting mengingat kemajuan Jepang dalam bidang perekonomian, sehingga semakin banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang membuka kantor cabang ataupun mendirikan pabrik di negara lain di luar Jepang, termasuk di Indonesia. Selain itu, SDM yang memiliki kemampuan serta keterampilan berbahasa Jepang juga dibutuhkan dalam proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi karena Jepang merupakan negara dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat tinggi. Hal lain yang tidak kalah penting berkaitan dengan kebutuhan SDM dalam bidang bahasa Jepang adalah diperlukannya agen budaya untuk menjembatani pertukaran kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Bali  dan kebudayaan Jepang.

Karena tingginya kebutuhan SDM dalam bidang bahasa Jepang di Indonesia dan di Pulau Bali khususnya, maka Fakultas Sastra UNUD yang merupakan fakultas tertua serta cikal bakal Universitas Udayana mendirikan program studi baru yaitu PS Sastra Jepang pada tahun 2005. Program studi ini didirikan sebagai upaya untuk menghasilkan SDM yang tidak hanya memiliki kemampuan serta keterampilan berbahasa Jepang, tetapi juga memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEKS, dunia kerja, profesi, dan kepribadian yang berbudaya. Program Studi Sastra Jepang adalah satu dari delapan program studi yang ada di Fakultas  Sastra. Program studi ini secara resmi berdiri pada tanggal 6 Oktober 2005 berdasarkan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 3203/D/T/2005.

 

Visi Misi Sastra Jepang

1. Visi
Sesuai dengan visi Unud yang tercermin pula pada visi Fakultas Sastra Unud, visi PS  Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud adalah “Terwujudnya Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya”

Unggul berarti PS Sastra Jepang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan, sehingga mampu bersaing dalam menyelenggarakan pendidikan, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui berbagai penelitian, dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat di tingkat regional, nasional, dan internasional. Dengan demikian, PS Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud mampu menciptakan lulusan-lulusan terbaik dan terdepan dalam bidang Sastra Jepang.

Mandiri berarti PS Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud mampu berdiri sendiri dan memiliki otonomi untuk pengembangan program studi yang meliputi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui visi ini PS Sastra Jepang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai karakter, berkepribadian tangguh, dan memiliki kompetensi bahasa Jepang yang dapat diaplikasikan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Berbudaya berarti PS Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud mampu mengembangkan ilmu yang selaras dengan nilai-nilai budaya lokal yang bersifat universal dan praktik-praktik kehidupan di dalam masyarakat. Melalui visi ini, PS Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud mampu mencetak lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang seimbang, serta memiliki kepekaan dan ketajaman nurani, sehingga mampu bergabung dengan masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis.

2.  Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, PS Sastra Jepang Fakultas Sastra Unud memiliki misi sebagai berikut.

  1. Mengembangkan sistem pembelajaran bahasa dan sastra Jepang yang dinamis dengan ditunjang oleh kemajuan teknologi komunikasi dan informasi serta sistem penjaminan mutu sehingga mampu menghasilkan sarjana sastra dalam bidang bahasa dan sastra Jepang yang unggul, mandiri, dan berbudaya.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan dalam bidang bahasa dan sastra Jepang agar dapat  menghasilkan temuan-temuan baru berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi pengembangan bahasa dan sastra Jepang di Indonesia yang kemudian dapat diaplikasikan untuk memajukan kehidupan bermasyarakat dan memperkaya khazanah budaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
  3. Mengembangkan berbagai aktivitas di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan membangun kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan peran serta lembaga dalam pembangunan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

 

Detail

Nama Fakultas : Sastra Jepang
Alamat : Jln. Nias No. 13 Sanglah Denpasar 80114 Bali
Telepon : 0361-224121, 0361-249458, No. Faksimili PS : 0361-
Email : nihongo@fs.unud.ac.id
Website : www.nihongo.unud.ac.id