Website Program Studi

SEJARAH

Ergonomi merupakan Ilmu yang mempelajari interaksi manusia dan aktivitasnya agar tetap sehat, aman, nyaman, efektif dan efisien sehingga dapat tercapai produktivitas setinggi-tingginya. Ergonomi tergolong linier terhadap berbagai bidang ilmu dan berbagai profesi. Pengetahuan dan pemahaman mengenai Ergonomi sangat penting dimiliki oleh semua manusia dari berbagai latar belakang ilmu yang beragam. Penerapan ilmu ini sangat mudah dan banyak dapat dilakukan di lingkungan sekitar, baik lingkungan kerja maupun di rumah tangga.

Ruang lingkup Ergonomi sangat luas mencakup setiap aspek yang terdapat manusia yang melakukan aktivitasnya. Mulai dari bagaimana mendesain tusuk gigi hingga kondisi lingkungan di dalam pesawat ruang angkasa agar manusia yang melakukan aktivitasnya tetap aman, sehat, nyaman, sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya. Beberapa manfaat perbaikan dengan penerapan ilmu Ergonomi ini antara lain di bidang:

  1. Pendidikan: Siswa mampu belajar lebih nyaman sehingga mampu lebih fokus dalam menyimak pelajaran
  2. Kesehatan: Tenaga kesehatan akan terhindar dari penyakit akibat kerja dan pasien sebagai konsumen akan merasa lebih nyaman
  3. Pemerintahan: Kerja lebih nyaman, pelayanan lebih cepat, kepuasan masyarakat meningkat.
  4. Pertanian: Menurunkan rasa lelah saat bekerja dan memodifikasi alat sehingga  dapat  meningkatkan produktivitas 
  5. Pariwisata: Wisatawan akan merasa lebih nyaman sehingga ingin kembali 
  6. Olah raga: Alat penunjang olah raga lebih nyaman digunakan sehingga atlet mampu berprestasi lebih baik
  7. Management: Terlaksana suatu sistem management yang lebih efektif dan efisien 
  8. Ekonomi & Bisnis: Mampu meningkatkan keuntungan dan kesinambungan perusahaan Dan berbagai bidang lainnya.

Program Studi Magister Ergonomi Fisiologi Kerja merupakan Program Studi yang sudah berdiri sejak 19 September 1995 berdasarkan SK No. 402/DIKTI/Kep/1995, sedangkan SK Akreditasi terakhir dengan SK No. 193/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/IX/2013 dengan tanggal 21 September 2013 dan memperoleh nilai akreditasi B dan berlaku sampai tanggal 21 September 2018.

 

Visi dan Misi Magister Ergonomi - Fisiologi Kerja

Visi 

“Terwujudnya pusat pendidikan Program Magister Ergonomi Fisiologi Kerja yang mengembangkan model pembelajaran, penelitian dan pelatihan serta konsultasi di bidang ergonomi dengan pedoman metode SHIP Approach untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berbudaya sehingga pada tahun 2019 para lulusan mampu bersaing di tingkat internasional”.

Misi

  1. Mengembangkan SDM Magister Ergonomi-FK yang memiliki metode pendekatan SHIP sehingga unggul dalam pembelajaran, penelitian, pelatihan dan konsultasi di bidang ergonomi serta disiplin ilmu terkait.
  2. Meningkatkan SDM Magister Ergonomi-FK yang memiliki kemandirian dalam pengembangan pembelajaran, penelitian, pelatihan dan konsultasi di bidang ergonomi serta disiplin ilmu terkait.
  3. Menjadikan SDM Magister Ergonomi-FK kreatif dan inovatif serta berbudaya dalam pengembangan pembelajaran, penelitian, pelatihan dan konsultasi di bidang ergonomi dan disiplin ilmu terkait.

 

Pejabat

kajur-265634120.jpg

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 197705062005012001

Nama Pejabat : Dr. Luh Made Indah Sri Handari Adiputra, S.Psi., M.Erg

Periode Awal : 2014-04-29

Periode Akhir : 2018-04-29

Website :

sekretaris-162074315.jpg

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : 197601262003121001

Nama Pejabat : Dr. dr. I Made Muliarta, M.Kes

Periode Awal : 2014-04-29

Periode Akhir : 2018-04-29

Website :

Detail

Nama Fakultas : S2 Ergonomi Fisiologi Kerja
Alamat : Jalan Panglima Besar Sudirman Denpasar Bali
Telepon : 0361 - 223797 ex 116
Email : s2ergonomi@gmail.com
Website : ergonomic.pps.unud.ac.id