Website Program Studi

Berdasarkan usulan pembentukan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (PSDIM) Universitas Udayana maka Fakultas Ekonomi Unud sejak tahun ajaran 2012/2013 mulai diijinkan menyelenggarakan PSDIM atas Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27/E/O/2012 tanggal 24 Januari 2012. Pada tahun akademik 2012/2013, PSDIM untuk pertama kalinya menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru angkatan pertama. Konsentrasi keilmuan pada PSDIM sebanyak 4 (empat) buah, yakni konsentrasi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), dan Manajemen Bisnis Pariwisata. Namun, pada angkatan pertama ini belum ada mahasiswa yang memilih konsentrasi Manajemen Bisnis Pariwisata sehingga ada 3 (tiga) konsentrasi yang baru berjalan.

Calon mahasiswa angkatan 2012/2013 yang mendaftar berjumlah 27 orang dan setelah mengikuti tahapan seleksi, terdiri atas Tes Kompetensi Dasar, Tes Potensi Akademik, TOEFL, dan Wawancara, ternyata 7 (tujuh) orang diantaranya dinyatakan tidak lulus dan 20 orang lainnya dinyatakan lulus. Namun baru satu kali pertemuan di semester satu, seorang mahasiswa diantaranya mengundurkan diri karena mendapat tugas baru di Jakarta, atas nama Tommy Hendro Trisdiarto, NIM 1290871019. Dengan demikian, mahasiswa yang masih terdaftar secara aktif untuk angkatan pertama sebanyak 19 orang.

Kemudian, jumlah calon mahasiswa angkatan 2013/2014 yang mendaftar sebanyak 25 orang dan setelah mengikuti tahapan seleksi, terdiri atas Tes Kompetensi Dasar, Tes Potensi Akademik, TOEFL, dan Wawancara, ternyata 3 (tiga) orang diantaranya dinyatakan tidak lulus dan 22 (dua puluh dua) orang lainnya dinyatakan lulus. Selanjutnya, jumlah calon mahasiswa angkatan 2014/2015 yang mendaftar sebanyak 25 orang dan setelah mengikuti tahapan seleksi, terdiri atas Tes Kompetensi Dasar, Tes Potensi Akademik, TOEFL, dan Wawancara, ternyata 3 (tiga) orang diantaranya dinyatakan tidak lulus dan 22 (dua puluh dua) orang lainnya dinyatakan lulus. Dengan demikian jumlah mahasiswa dari ketiga angkatan tersebut sebanyak 63 orang. Capaian kinerja khususnya untuk angkatan pertama, yakni diantara 19 mahasiswa aktif, 17 mahasiswa diantaranya sudah dinyatakan lulus ujian kualifikasi, 10 mahasiswa dinyatakan lulus Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD), 8 mahasiswa dinyatakan lulus Ujian Proposal, dan satu mahasiswa dinyatakan lulus ujian Hasil Penelitian. Kemudian, capaian kinerja khususnya untuk angkatan kedua, yakni diantara 22 mahasiswa aktif, 5 mahasiswa diantaranya sudah dinyatakan lulus ujian kualifikasi dan 1 mahasiswa dinyatakan lulus Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD). Selanjutnya, capaian kinerja khususnya untuk angkatan ketiga, yakni diantara 22 mahasiswa aktif, semuanya masih sedang menuntaskan perkuliahan yang sedang berjalan pada semester dua.

Sejak dibukanya PSDIM, semua kegiatan dikoordinir oleh seorang Ketua Program Studi (KPS) Pelaksana Tugas, yakni Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE dengan dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Pelaksanan Tugas, yakni Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE, MP, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 43/UN14/KP/2012 tanggal 23 Februari 2012 tentang Penetapan Pelaksana Tugas (PLT) Ketua dan Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Jenjang Program Pascasarjana (S3) Universitas Udayana.  

Kemudian, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 80/UN14/KP/2013 tanggal 19 Maret 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pimpinan Program Studi Doktor (S3) Ilmu Manajemen pada Program Pascasarjana Universitas Udayana, semua kegiatan dikoordinir oleh seorang Ketua Program Studi (KPS) definitif, yakni Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE dan seorang Sekretaris Program Studi (Sekprodi) definitif, yakni Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE, MP. Didukung oleh dua orang staf, yakni Luh Elly Kartini yang menangani Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Ni Putu Sri Suarningsih, SE yang menangani Bidang Administrasi Umum dan Keuangan. 

Sejak diselenggarakannya Program Studi Doktor Ilmu Manajemen maka berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 160/E/AK/2013 perihal Ijin Penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi tanggal 1 Maret 2013 menyatakan bahwa berdasarkan Pasal 33 ayat (3) dan ayat (5) UU No. 12 Tahun 2012, perguruan tinggi/badan penyelenggara yang telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi sebelum tanggal 10 Agustus 2012 dan program studi tersebut belum terakreditasi, dinyatakan terakreditasi “C” sampai dengan 6 (enam) bulan terhitung mulai tanggal 1 Maret 2013. Oleh karena itu, segera dilakukan pengajuan Borang Akreditasi ke BAN PT di Jakarta pada tanggal 31 Agustus 2013 sesuasi ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dan berdasarkan Hasil Akreditasi BAN PT Nomor 291/SK/BAN-PT/Akred/DVIII/2014, tertanggal 23 Agustus 2014, dinyatakan lulus terakreditasi dengan nilai “B” yang berlaku selama 5 (lima) tahun ke depan.

Sejak diselenggarakan PSDIM Pascasarjana Universitas Udayana, peningkatan kualitas pendidikan telah banyak dilakukan. Pada tahun 2012, PSDIM telah memiliki Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang menangani penjaminan mutu mulai pada level S0 (Diploma), S1 (Sarjana), S2 (Magister), hingga S3 (Doktor), termasuk PSDIM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, yang diketuai oleh Prof. Dr. Ketut Sudibia, SE, SU.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan PSDIM Unud, maka lembaga terus merencanakan kerjasama. Kerjasama yang sudah dilakukan PSDIM adalah kerjasama segitiga antara PSDIM Unud dengan Universitas Gajahmana dan PT Toyota Astra Motor Indonesia, khususnya tentang penyelenggaraan seminar “Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Menuju Masyarakat Pedesaan Yang Mandiri dan Maju”.

Untuk tercapainya penjaminan mutu akademik secara efektif, per tanggal 17 Juli 2013 Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana telah mendapat pengakuan internasional berupa Certificate of Registration ISO 90001:2008 tentang Standar Sistem Manajemen Kualitas. Penyerahan sertifikat tersebut secara seremoni sudah dilakukan pada tanggal 30 Juli 2013 yang dihadiri pejabat teras di lingkungan Rektorat Unud dan Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Visi dan Misi Doktor Ilmu Manajemen

Visi dan Misi

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Program Pascasarjana Universitas Udayana (selanjutnya disingkat PSDIM PPs Unud) diturunkan dari visi Universitas Udayana dan visi Program Pascasarjana Universitas Udayana yang kemudian disesuaikan dengan kondisi riil yang dihadapi oleh PSDIM PPs Unud melalui kajian mendalam oleh Tim Pengkaji yang sekaligus merupakan bagian dari panitia penyiapan pendirian PSDIM PPs Unud itu sendiri pada tahun 2010. Tim Pengkaji dibentuk dari stakeholder yang berkepentingan dengan keberadaan PSDIM PPs Unud yaitu pimpinan fakultas,  pengelola program studi, dosen tetap, serta pegawai dan pengguna lulusan. Ringkasan proses yang dilalui sejak dibentuknya Tim Pengkaji hingga  munculnya hasil kajian berupa visi, misi, tujuan, dan sasaran PSDIM PPs Unud adalah sebagai berikut:

  1. Pembentukan Tim Pengkaji yang beranggotakan:
  1. Dekanat atau pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Pihak dekanat memberi pandangan dan masukan terkait hal-hal yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan sesuai dengan rencana strategis Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang merupakan rumah bagi penyelenggaraan PSDIM PPs Unud.
  2. Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana sebagai pihak yang memiliki kekuatan untuk memberi masukan dan penilaian atau evaluasi atas pelaksanaan proses pembelajaran, mulai program Diploma sampai Program Doktor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unieversitas Udayana. Anggota senat khusus diundang untuk memberi masukan terkait dengan visi penyelenggaraan PSDIM PPs Unud.
  3. Dosen dan atau calon dosen PSDIM PPs Unud yang merupakan lulusan dari berbagai Program Pascasarjana, baik pada universitas terkemuka di Indonesia maupun di luar negeri sehingga memberi perspektif yang beragam dalam perumusan visi program studi. Mereka diminta memberi masukan terkait dengan situasi dan kondisi pembelajaran yang pernah dialami atau dirasakan selama menjadi mahasiswa pascasarjana di tempatnya menuntut ilmu. Hal-hal yang positif diadopsi, sedangkan hal-hal negatif digunakan sebagai pelajaran dan diambil hikmahnya.
  1. Mengkaji visi dan misi Universitas Udayana, serta Program Pascasarjana Unud sebagai acuan menyusun visi dan misi Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Unud.
  2. Hasil kajian terhadap visi dan misi Universitas Udayana dan Program Pascasarjana Unud kemudian disesuaikan dengan Kajian Lingkungan Internal dan Eksternal (SWOT) PSDIM PPs Unud. Pengkajian terhadap berbagai informasi yang sifatnya internal dan eksternal dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi  PSDIM PPs Unud.
  3. Membentuk visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Unud dengan melibatkan stakeholder PSDIM PPs Unud sehingga tersusun visi dan misi PSDIM PPs Unud.

Detail

Nama Fakultas : S3 Ilmu Manajemen
Alamat : Jalan P.B. Sudirman Denpasar Bali, 80232
Telepon : 0361 - 255158
Email : s3manajemen_unud@yahoo.com
Website : http//pps.unud.ac.id