Website Program Studi

Sejarah

Program Doktor (S3) Pariwisata Universitas Udayana didirikan pada 16 Agustus tahun 2010 berdasarkan Kepmendiknas Nomor: 126/D/O/2010. Program dirancang untuk menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang kepariwisataan. Program dikembangkan dalam jangka panjang sehingga akan terbentuk mashab atau main stream keilmuan pariwisata, sebagai monodisiplin ilmu. Program ini merupakan satu-satunya program studi pariwisata di Indonesia yang memiliki program studi paralel dari S1, S2, dan S3. Saat ini ilmu pariwisata masih bersifat multidisiplin, dilandasi oleh ilmu-ilmu lain yang relevan, seperti Ilmu Sosial, Ilmu Budaya, Ilmu Ekonomi, Ilmu Lingkungan, Ilmu Psikologi, dan Ilmu Teknik Perencanaan. Dalam kurun waktu sepuluh tahun kedepan, dalam menuju pariwisata sebagai monodisiplin ilmu, akan di kembangkan pariwisata budaya dengan mengangkat warna dan keunggulan budaya lokal, suatu pengembangan pariwisata berbasis budaya. Pendekatan ini diharapkan mampu menjawab masalah-masalah perkembangan pariwisata saat ini yang banyak terkesan kurang berpihak pada masyarakat lokal yang memiliki keunikan budaya. Terbentuknya Program Doktor Pariwisata dilandasi dari pengembangan ilmu pariwisata di Universitas Udayana yang tidak pernah surut, dimana pada tahun 2001, Universitas Udayana membuka Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1917/D/T/2001 tanggal 7 Juni 2001. Pembentukan Program Master Kajian Pariwisata bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan mampu mengembangkan ilmu kepariwisataan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Sekaligus sebagai kelanjutan dari Program Sarjana (S1) Pariwisata yang telah dirintis jauh sebelumnya. Terwujudnya Program Doktor Pariwisata tidak terlepas dari perjalanan panjang ilmu pariwisata sejak berdirinya Program Studi Pariwisata tahun 1985 di Universitas Udayana. Dari Program Studi Kajian Pariwisata akhirnya berubah menjadi Program Studi Strata 1 (S1) dengan SK. Dirjen DIKTI No. 2425/D/T/2008 tanggal 29 Juli 2008 dan SK. Rektor Unud No. 347A/H14/HK/2008 tertanggal 27 September 2008 tentang pendirian Fakultas Pariwisata Unud.

SK Prodi;

  1. Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pariwisata (S3) pada Universitas Udayana di Denpasar berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Pendidikan Nasional Nomor: 126/D/O/2010 tertanggal 16 Agustus 2010.
  2. Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 464/BAN-PT/Akred/D/XII/2014 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Doktor tertanggal 8 Desember 2014 memutuskan nilai dan peringkat Program Doktor Pariwisata memperoleh Nilai A. Berlaku sampai 7 Desember 2019.

Konsentrasi Program Memiliki dua konsentrasi, yaitu:

  1. Perencanaan Pariwisata
  2. Manajemen Destinasi Pariwisata. Dalam implementasinya, perbedaan konsentrasi ini akan dapat dilihat jelas dari disertasi yang ditulis oleh mahasiswa.

Visi dan Misi Doktor Pariwisata

Visi :

Terwujudnya Doktor Pariwisata yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya sehingga dapat menghasilkan temuan baru (novelty) bagi pengembangan ilmu pariwisata.

Misi :

  1. Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis kearifan lokal yang ditunjang teknologi komunikasi dan informasi serta sistem penjaminan mutu yang memadai agar mampu menghasilkan doktor yang unggul, mandiri dan berbudaya.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik dalam bidang Ilmu Pariwisata.
  3. Menghasilkan sumberdaya manusia yang inovatif dan kreatif dalam penelitian bagi pengembangan ilmu pariwisata.
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pemerintahan dan swasta, baik pada tingkat lokal, nasional maupun internasional untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam pembangunan masyarakat.

Pejabat

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : -

Nama Pejabat : Dr. Ir. A.A.P. Agung Suryawan Wiranatha, MSc.

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas :
Alamat :
Telepon :
Email :
Website :