Website Program Studi

SEJARAH

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) merupakan salah satu Program Studi Unggulan Program Pascasarjana Universitas Udayana, yang juga merupakan Program Studi Magister bidang Ilmu Lingkungan pertama di Provinsi Bali. Penyelenggaraan PSMIL berdasarkan ijin operasional Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1866/D/T/2001 tertanggal 1 Juni 2001. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Ijin operasional PSMIL telah diperpanjang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 183/D/T/2008, dan perpanjangan ijin operasional pada tahun 2010 melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Udayana No. 3457/D/T/K-N/2010, tertanggal 18 Agustus 2010. Perpanjangan ijin operasional ini di dasarkan pada Laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) PSMIL Unud. PSMIL Unud telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT sejak tahun 2007 sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 005/BAN-PT/Ak-V/S2/II/2007, tertanggal 24 Februari 2007. Hal ini menjadikan PSMIL sebagai pelopor dan telah menjadi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan terbaik di Bali , bahkan di Kawasan Indonesia Timur. Peminat yang terus meningkat dari tahun ke tahun, menunjukan antusiasme yang tinggi dan menjadi pilihan bagi calon mahasiswa sebagai tempat untuk menempuh bidang Ilmu Lingkungan. PSMIL memiliki prospek lulusan yang baik dari sisi penyerapan oleh dunia kerja dan karir yang baik di tempat bekerja. Lokasi PSMIL PPs Unud di Kota Denpasar, Bali merupakan lokasi yang sangat strategis, menjadikan PSMIL populer dengan menjadi tempat forum ilmiah bidang lingkungan di tingkat nasional dan internasional. Adanya perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran berbasis kompetensi, dengan struktur kurikulum seperti yang tertuang dalam KepMenDikNas No. 045/2002, menuntut institusi pendidikan termasuk PSMIL melakukan perubahan terhadap kurikulumnya. PSMIL PPs Unud menyusun Kurikulum Berbasis Kompetensi sejak tahun 2005 dengan implementasi yang terus ditingkatkan secara bertahap. Dalam menjalankan kegiatannya, PSMIL PPs Unud selalu berpedoman pada visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi yang ditetapkan dan dijadikan sebagai petunjuk umum sehingga nantinya tidak kehilangan arah.

Program Unggulan

Dalam usaha mewujudkan visi dan misi, PSMIL PPs Unud mengembangkan program-program unggulan, yang diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas lulusan yang berwawasan akademis Internasional, dengan tetap berpegang teguh pada kearifan lokal. Adapun program unggulan antara lain, Shared lecture program, international collaboration research group, dan Double Degree Program.

Program Double Degree diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana (PSMIL PPs Unud), pada konsentrasi Environmental Remote Sensing. PSMIL PPs Unud merupakan salah satu Program Studi Magister multi disiplin, sehingga pengelolaannya berada dibawah naungan Program Pascasarjana Universitas Udayana. Program Pascasarjana Unud berdiri sejak tahun 1992. Pada 6 Oktober 1992, Universitas Udayana dipercaya oleh Departemen pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan setrata dua (S2), diawali dengan berdirinya Program Studi Magister Linguistik. Hingga saat ini, Program Pascasarjana Unud telah memiliki 24 Program Studi Magister (S2), dan 7 Program Doktoral (S3) seperti yang tersaji pada Tabel 1. Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) merupakan salah satu Program Studi Unggulan Program Pascasarjana Universitas Udayana , yang juga merupakan Program Studi Magister bidang Ilmu Lingkungan pertama di Provinsi Bali. Penyelenggaraan PSMIL berdasarkan ijin operasional Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1866/D/T/2001 tertanggal 1 Juni 2001. PSMIL Unud telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT sejak tahun 2007 sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 005/BAN-PT/Ak-V/S2/II/2007, tertanggal 24 Februari 2007. Hal ini menjadikan PSMIL sebagai pelopor dan telah menjadi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan terbaik di Bali , bahkan di Kawasan Indonesia Timur. Peminat yang terus meningkat dari tahun ke tahun, menunjukkan antusiasme yang tinggi dan menjadi pilihan bagi calon mahasiswa sebagai tempat untuk menempuh bidang Ilmu Lingkungan. PSMIL memiliki prospek lulusan yang baik dari sisi penyerapan oleh dunia kerja dan karir yang baik di tempat bekerja. Lokasi PSMIL PPs Unud di Kota Denpasar, Bali merupakan lokasi yang sangat strategis, menjadikan PSMIL populer dengan menjadi tempat forum ilmiah bidang lingkungan di tingkat nasional dan internasional.

PSMIL PPs Unud bekerjasama dengan Civil and Environmental Engineering Department, Faculty of Science and Engineering, Yamaguchi University dalam menyelenggarakan double degree program. Selain kerjasama double degree program, juga bekerjasama dalam program Shared lecture yang diselenggarakan dengan media teleconference, serta membentuk group research antara peneliti Universitas Udayana dengan Yamaguchi University. Salah satu aktivitas riset bersama adalah revegetation project yang di rencanakan akan berlangsung hingga tahun 2016. Penelitian dilakukan di Kawasan Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Visi dan Misi Magister Ilmu Lingkungan

Visi dan Misi

Visi PSMIL PPs UNUD 

“Menjadi pusat pendidikan ilmu lingkungan yang mampu mengembangkan ipteks secara optimal, untuk menghasilkan SDM yang unggul, mandiri, dan berbudaya.”

Misi PSMIl PPs UNUD 

“Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan akademik yang profesional untuk menerapkan dan mengembangkan ipteks sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan nya.”

Pejabat

i-wayan-nuarsa-8064691917.jpg

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 196805111993031003

Nama Pejabat : Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si.

Periode Awal : 2016-04-25

Periode Akhir : 0000-00-00

Website : http://nuarsa.info

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : 195912311986011003

Nama Pejabat : Dr. Ir. I Made Adhika, MSP

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : S2 Ilmu Lingkungan
Alamat : Gedung Pascasarjana lantai 1 (R.1.22) Jalan P.B. SudirmaDenpasar-Bali 80232
Telepon : 0361 - 261182/255345
Email : psmil@unud.ac.id
Website : environment.pps.unud.ac.id