Website Program Studi

SEJARAH

Program Pendidikan Magister (S2) Ilmu Peternakan  merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi berjenjang S2 (Magister yang ada di Provinsi Bali), yang didirikan  sejak tahun 2002 disetujui oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan yang berdiri sesuai dengan Surat Keputusan (SK) sesuai dengan Dirjen Dikti, No. 1337/D/T/2002, tanggal 5 Juli 2002, telah menerima mahasiswa setiap tahunnya. Program ini dikembangkan oleh Fakultas Peternakan Udayana, yang dapat memberikan kesempatan khususnya bagi lulusan sarjana peternakan (S1) untuk meningkatkan  pendidikannya Ilmu dan Teknologi Peternakan ke jenjang master (S2), dalam memecahkan masalah manajemen ternak serta dapat melaksanakan penelitian dan analisis yang lebih dalam.  

Universitas Udayana salah satu institusi yang berkontribusi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan masyarakat yang berada di Indonesia bagian Tumur. Selain program Ilmu peternakan Unud juga memiliki program Linguistik, Program Kajian Budaya, Ergonomi dan Fisiologi Kerja, Ilmu Hukum, Ekonomi, dan Ilmu Lingkungan.

Penyelenggaraan Pendidikan pada Program Magister Ilmu Peternakan  berkonsentrasi pada  Ilmu Peternakan yang berwawasan lingkungan, maka lingkungan merupakan payung dan pola pengembangan Ilmu Peternakan dimasa depan. Konsentrasi lingkungan ini diharapkan dapat memberikan peluang aplikasi yang lebih positif dari  peternakan  kepada masyarakat.

Pembentuan program studi bertujuan : 1) Membantu pemerintah dalam meningkatkan populasi dan kualitas ternak, 2) Mempercepat meningkatnya industri makanan dari hasil ternak, 3) Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari exspor produk dari ternak dan 4) Meningkatkan jumlah pakar dibidang peternakan di Indonesia bagian Timur.

Program Studi Ilmu Peternakan mempersiapkan mahasiswa untuk mengadakan penelitian dalam bidang Sapi Bali untuk dapat tumbuh lebih cepat dan efisiensinya baik, dan memproduksi lebih banyak daging yang berkualitas. Banyak lagi spesies ternak lokal di Bali yang dapat dijadikan sebagai topik Tesis Magister Ilmu Peternakan.

Lama studi pada program ini adalah 2 tahun (4 Semester) dan maksimum drop out adalah 5 tahun (10 Semester). Mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa pada program ini adalah semua staf dari Fakultas Peternakan yang belum magister, dan dari departemen yang berada dalam bidang Peternakan serta tamatan sarjana peternakan.

Visi Misi Magister Ilmu Peternakan

A.VISI

Program studi magister Ilmu Peternakan dengan konsentrasi Peternakan berwawasan lingkungan dibentuk karena seluruh staf pengajar Fakultas Peternakan Udayana merasa berkewajiban ikut berperan dalam pembangunan Nasional melalui peningkatan sumber daya manusia. Mengingat hal tersebut Program ini mempunyai visi menjadi penyelenggaraan Pendidikan yang unggul dalam mengembangkan Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan SDM yang mempunyai kemampuan bersaing ditingkat lokal, Nasional dan Internasional tentunya di bidang Ilmu Peternakan. Berdasarkan visi dari Udud dan Pascasarjana Unud dapat disusun visi dari Program Magister Ilmu Peternakan Pascasarjana Unud adalah:

“Menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul dalam mengembangkan Tridarma Perguruan Tinggi yang berkualitas sesuai dengan tuntutan jaman dan berwawasan budaya dalam bidang Ilmu Peternakan berbasis sumber daya lokal.” Rumusan visi memiliki makna yang berarti dan dapat dijabarkan dari kata kunci yang sebagai berikut :

  1. Unggul memiliki makna PS Ilmu Peternakan Unud menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi baik ditingkat regional, nasional maupun internasional. Pada visi unggul PS. Ilmu Peternakan menjadi lembaga pendidikan pascasarjana unggul dalam melaksanakan Tridarma perguruan tinggi khususnya pendidikan.
  2. Budaya berarti sumber daya manusia yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran akademik, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nilai-nilai budaya lokal, tradisi dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Program Studi Ilmu Peternakan diharapkan mampu menghasilkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosial, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual.
  3. Sumber Daya Lokal berarti sumber daya manusia yang dihasilkan dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang ada dalam melaksanakan penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan menerapkan hasil-hasil penelitian yang di peroleh sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan taraf hidup masyarakat. Dengan demikian Program Studi Ilmu Peternakan diharapkan mampu menghasikan alumni yang mampu memanfaatkan sumber daya lokal yang dapat menghasilkan nilai tambah dan dapat bersaing di bidang Peternakan.

B. MISI

Sebagai penyelenggara pendidikan akademis yang bermutu tinggi dalam bidang Ilmu Peternakan dalam rangka mendukung penyediaan sumber daya manusia berkualitas S2 di bidang Ilmu Peternakan dengan konsentrasi peternakan berwawasan lingkungan. Disamping itu program ini juga menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mendukung kegiatan pengembangan pendidikan akademis secara profesional untuk menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan teknologi secara berkelanjutan yang bergayut dengan kemajuan jaman.

Misi Program Studi Misi Program Studi Ilmu Peternakan memiliki misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Program Studi Magister Ilmu Peternakan yang unggul dan bertanggung jawab dalam pengembangan Ilmu Peternakan mutahir
  2. Mewujudkan Program Studi Magister Ilmu Peternakan Sebagai PS yang memiliki kemampuan bersaing, baik ditingkat Lokal dan Nasional, maupun ditingkat Internasional, adaptif serta responsive (tanggap) terhadap perubahan dan tuntutan jaman.
  3. Mewujudkan /menjadikan Program Studi Magister Ilmu Peternakan sebagai PS yang andal dalam meningkatkan kemampuan SDM Indonesia berkualifikasi S2 yang berkualitas dalam bidang peternakan, profesional, mandiri, bertanggung jawab dan tangguh yang berpijak kepada nilai-nilai budaya bangsa.
  4. Mewujudkan Program Studi Magister Ilmu Peternakan sebagai PS yang mampu menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas dan terprogram guna mendukung dan meningkatkan pengembangan pendidikan akademis secara berkualitas dan profesional.

 

Pejabat

Jabatan : Sekretaris Jurusan/Program Studi

NIP : 196905291994032001

Nama Pejabat : Dr. Dewi Ayu Warmadewi, S.Pt., M.Si

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Jabatan : Kepala Jurusan/Program Studi

NIP : 196202221986031001

Nama Pejabat : Dr. Ir. I Made Nuriyasa, MS

Periode Awal : 0000-00-00

Periode Akhir : 0000-00-00

Website :

Detail

Nama Fakultas : S2 Ilmu Peternakan
Alamat : Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Lt. II, Jln. PB. Sudirman, Denpasar- Bali.
Telepon : 0361 - 3650697, 0361 - 223797
Email : s2ilmupeternakan@unud.ac.id
Website : -