Website Program Studi

Sejarah    

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana merupakan program studi yang berhasil dirintis dan dibentuk oleh Bagian Ilmu Perilaku Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai salah satu dari 27 bagian yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Eksistensi ilmu psikologi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah berkembang sebelum tahun 1980 dan diformalisasikan dengan wadah Bagian Ilmu Perilaku Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Sejak saat itu Bagian Ilmu Perilaku sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah menjalankan kegiatan utamanya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu serta Pengabdian pada Masyarakat dibidang ilmu psikologi. 

Dalam hal kegiatan pengabdian masyarakat, Bagian Perilaku Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah mempunyai pengalaman yang cukup banyak dalam menangani kebutuhan masyarakat dalam bidang konsultasi psikologi. Bagian Perilaku Fakultas Kedokteran Universitas Udayana merupakan perintis atas layanan jasa psikologi di Bali. Pengabdiannya pada jasa konsultasi psikologi ini telah berjalan lebih dari 20 tahun masing-masing staf pengajar telah menjalankan praktek psikologi secara profesional. Oleh karenanya pengalaman yang dimiliki oleh Bagian Perilaku sudah sangat bervariasi. Untuk itu diharapkan dengan berdirinya Program Studi Psikologi ini pun dapat menambah dan memperkaya layanan psikologi yang telah ada sebagai wujud atas pengabdian mulia kepada masyarakat Bali sendiri ataupun Indonesia pada umumnya.

Program Studi Psikologi ini secara resmi terbentuk pada tanggal 6 Februari 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 137/D/T/2009. Program studi ini dirintis oleh para staf pengajar di Bagian Ilmu Perilaku Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan sekaligus menjadi tim yang mengembangkan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana di masa yang akan datang. Adapun program studi ini dibentuk adalah untuk menjawab atau memenuhi akan kebutuhan Sarjana Psikologi yang cukup besar di Bali dan sekitarnya. Dalam pembentukan Program Studi Psikologi ini, seluruh pihak di akademika Universitas Udayana khususnya tim perintis Program Studi Psikologi memiliki cita-cita yang sangat mulia bagi sumber daya manusia atau para lulusan Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kelak, yaitu mempunyai kemampuan akademik yang cukup tinggi, inovatif dan produktif dalam memberikan pelayanan psikologi bagi masyarakat, mampu memahami dan menerapkan sikap profesional, memiliki wawasan luas, memahami dan mengembangkan konsep-konsep psikologi secara komprehensif, dan mampu melakukan serta mengembangkan suatu penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Cita-cita ini Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tertuang dalam visi, misi, dan tujuan Program Studi Psikologi. Visi Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri dan berbudaya dalam pengembangan dan penerapan psikologi bagi masyarakat, serta berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Memberdayakan Program Studi Psikologi sebagai pendidikan tinggi yang melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertaraf nasional dan internasional berdasarkan ipteks dan budaya sesuai dengan tuntutan masyarakat, merupakan misi dari Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Sedangkan tujuan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang menerapkan sikap profesional serta berdaya saing nasional dan internasional, serta menjadi lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan pengembangan ipteks dan nilai budaya sesuai dengan tuntutan masyarakat secara terbuka, kreatif, inovatif, dan produktif.

Dalam hal kurikulum pendidikan, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengembangkan kurikulum pendidikan psikologi yang sama seperti kurikulum pendidikan psikologi di perguruan tinggi negeri lain di Indonesia, dengan mengacu kepada hasil sidang Kolokium ke 17 Psikologi Indonesia di Semarang tahun 2007. Adapun kurikulum Program Studi Psikologi yang dikembangkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adalah bidang psikologi yang bernuansakan kesehatan. Selain itu,  Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana juga merumuskan cabang ilmu psikologi keahlian lainnya yaitu Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Pendidikan. Lima bidang keahlian ini tersebar didalam mata kuliah inti (77 SKS, 71 SKS mata kuliah psikologi dan 6 SKS Skripsi), mata kuliah lokal wajib (53 SKS) dan mata kuliah lokal pilihan (14 SKS dari 40 SKS), oleh karenanya total SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa Psikologi adalah minimum 144 SKS, dengan masa studi  ±4 tahun dengan gelar kelulusan Sarjana Psikologi (S.Psi). Adapun sistem belajar mengajar yang akan diterapkan di Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adalah sistem kredit semester dengan pendekatan student centered yang berbasis kompetensi.

Akhirnya dengan rumusan buku panduan mengenai Program Studi Psikologi ini diharapkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dapat berlangsung dengan tertib, lancar dan menjawab seluruh kebutuhan di unsur Fakultas khususnya dan Universitas Udayana pada umumnya, serta dapat memberikan sumbangan untuk perkembangan dan kemajuan seluruh masyarakat bangsa.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Psikologi Universitas Udayana Denpasar terakreditasi dengan peringkat :

Akreditasi B, masa berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 09-November-2013 sampai dengan 09-November-2018

Visi Misi Psikologi

VISI :

Menjadikan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan Psikologi yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya  dalam pengembangan dan penerapan Psikologi bagi masyarakat, serta mempunyai  daya saing di tingkat nasional dan internasional di tahun 2019.

MISI :

a. Misi Umum
Memberdayakan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai perguruan tinggi yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai budaya.

b. Misi Khusus

  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bertaraf nasional dan internasional, berlandaskan ipteks, budaya, moral, dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat.
  2. Mewujudkan program studi yang mandiri dan profesional dalam pengelolaan dan pengembangan institusi serta mempunyai tata kelola yang baik (Good Corporate Governance).

Detail

Nama Fakultas : Psikologi
Alamat : Gedung FK Unud, Lantai I Jl. PB Sudirman Denpasar 80232
Telepon : 0361 - 262275
Email : -
Website : -