Pelatihan Pengamatan Burung

Frank Williams Museum Patung Burung Universitas Udayana menggelar kegiatan Pelatihan Pengamatan Burung (Workshop on Birdwatching) yang bertemakan Pelatihan pengamatan burung (birdwatching) sebagai sarana edukasi lingkungan, olahraga, rekreasi dan ekowisata pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 24-25 Maret 2018. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Museum Patung Burung Unud yang berlokasi di Desa Kemenuh Kabupaten Gianyar, dan diikuti oleh 30 peserta dari mahasiswa Prodi Arsitektur Lansekap Fakultas Pertanian dan Prodi Biologi FMIPA Unud, serta wakil pemuda (STT) di lingkungan Desa Kemenuh. Acara pembukaan dihadiri pula oleh Kepala Desa Kemenuh Dewa Nyoman Neka yang dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini sebagai wadah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutamanya untuk generasi muda.

Menurut Ketua Tim Pengelola Museum Patung Burung Unud Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, pelatihan pengamatan burung (birdwatching) ini memberikan manfaat untuk pembinaan sumber daya manusia, khususnya generasi muda, melalui pembinaan fisik dan mental untuk mencintai lingkungan dan menumbuhkan semangat untuk melestarikannya. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada pelatihan ini juga akan memberikan landasan berfikir didalam mengelola (mengoptimalisasi atau merevitalisasi) suatu wilayah/kawasan. Disamping itu, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan ini dapat digunakan untuk berwirausaha didalam bidang ekowisata

Pelatihan pengamatan burung ini dilaksanakan selama dua hari, meliputi pemberian materi tentang pengenalan kegiatan pengamatan burung, teknik dasar identifikasi burung, teknik serta metode didalam mengamati burung. Pada sesi ini juga diajarkan penggunaan alat-alat bantu terkini didalam birdwatching. Pemberian materi dilanjutkan dengan praktek identifikasi dan mendeskripsi jenis-jenis burung yang merupakan koleksi Frank Williams Museum Patung Burung Unud dan praktek birdwatching di alam terbuka disekitar museum. Kegiatan diakhiri dengan pengumpulan list dan hasil deskripsi/identifikasi setiap peserta, yang sekaligus dijadikan indicator keberhasilan kegiatan pelatihan pengamat burung ini. Pada akhir kegiatan, setiap peserta mampu mendeskripsi 4 jenis burung dari koleksi patung burung yang dimiliki oleh Museum, serta dapat mengidentifikasi 21 jenis/spesies burung dari alam bebas di area sekitar lokasi museum.


contact person: Eswaryanti 081239992669, luh_eswaryanti@unud.ac.id
Frank Williams Museum of the Birds of Bali Udayana University
Desa Tengkulak, Kecamatan Sukawati, Gianyar Bali Indonesia
‚Äčwww.museumburung.unud.ac.id