Website Fakultas

SEJARAH

Universitas Udayana merupakan salah satu Universitas negeri di Bali, yang secara resmi berdiri pada tanggal 17 Agustus 1962, didukung oleh empat buah Fakultas, yaitu : Fakultas Sastra (FS), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Fakultas Kedokteran Hewan telah dirintis sejak tahun 1962 dalam wujud Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Sejak 1962 sampai 1978, Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana baru mampu membina bidang Ilmu Peternakan saja. Pada tahun 1978 terbentuk Jurusan Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 8.DJ/Kep/1983, tanggal 12 Pebruari 1983 tentang pembentukan Program Studi Kedokteran Hewan di Universitas Udayana sebagai Program Studi antar Fakultas yang dapat melaksanakan Program Strata 1 (S1) dan berlaku sejak 1 Juli 1983. Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran Hewan di Universitas Udayana dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor, sedangkan biaya operasionalnya dibebankan pada Anggaran Universitas Udayana.

Berkat kerja keras seluruh sivitas akademika dan dukungan dari berbagai pihak, maka keluarlah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 204/0/1997, tanggal 22 Agustus 1997, yang menyatakan mendirikan Fakultas Kedokteran Hewan pada Universitas Udayana. Peresmian FKH UNUD dilakukan oleh Rektor Unud pada tanggal 8 Nopember 1997 yang selanjutnya ditetapkan sebagai  Hari Ulang Tahun (HUT) FKH dan BKKH secara bersamaan setiap tanggal 8 Nopember.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mempunyai satu Program Studi yaitu Program Studi  Kedokteran Hewan. Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Udayana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya menyelenggarakan    proses pendidikan  melalui jenjang pendidikan  akademik dengan masa studi delapan semester (beban SKS total 152 dengan gelar kelulusan S.KH) dan  jenjang  pendidikan  profesi (ko-asistensi) selama  12  hingga 15 bulan (beban SKS 31 dengan gelar kelulusan drh).  Kedua  jenjang  pendidikan  tersebut merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, karena hasil akhir atau output   pendidikannya adalah dokter hewan.  Dengan demikian proses akreditasi kedua jenjang pendidikan tersebut merupakan satu kesatuan.

Berdasarkan surat keputusan bernomor: 998/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PSPKH/IX/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi program studi pada profesi Dokter Hewan maka, saat ini Fakultas Kedokteran Hewan mendapatkan peringkat akreditasi A baik untuk program sarjana maupun program profesi.

Detail Akreditasi

Nomor   : 998/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PSPKH/IX/2015

Nilai dan peringkat Akreditasi

Berlaku sampai dengan 24 Januari 2020

No

 

Wilayah Perguruan Tinggi

Program Studi

Program Sarjana & Profesi

 

Peringkat Peringkat
1. 08

Universitas Udayana,

Denpasar

Profesi Dokter

Hewan

A A
 

 

Visi & Misi Fakultas Kedokteran Hewan

1. Visi

Visi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana adalah:
“Terwujudnya Fakultas Kedokteran Hewan yang menghasilkan lulusan berkemampuan profesional di bidang kedokteran hewan yang dilandasi etika dan budaya”.

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi kedokteran hewan yang bermutu.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan berkualitas tinggi dalam bidang kedokteran hewan untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknolonggi, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu dan profesi kedokteran hewan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. 
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak terkait baik dalam dan luar negeri untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mengembangkan dan menetapkan tata kelola yang tranparan, praktis, efisien dan akuntabel bebasis pada teknologi informasi.

Detail

Nama Fakultas : Fakultas Kedokteran Hewan
Alamat : Fakultas Kedokteran Hewan Kampus Denpasar Jl.P.B Sudirman Denpasar
Telepon : 0361701808
Email : infofkh@unud.ac.id
Website : www.fkh.unud.ac.id