Rektor Unud Tinjau Lokasi Pelaksanaan UTBK 2019

Rektor Universitas Udayana meninjau lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di ISI Denpasar, Kampus Unud Sudirman Denpasar, dan Kampus Unud Bukit Jimbaran, Sabtu (13/04/2019). Pelaksanaan UTBK 2019 ini tersebar di berbagai lokasi, seperti Universitas Udayana Kampus Sudirman, Universitas Udayana Kampus Nias, Universitas Udayana Kampus Bukit, ISI Denpasar, dan Politeknik Negeri Bali.

Sebanyak 15.216 total peserta UTBK PTN Universitas Udayana yang terbagi dalam dua kelompok ujian yang terdiri dari Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 7.223 orang, serta Sosial dan Humaniora (Soshum) sebanyak 7.993 orang. Ujian akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu sejak 13 April hingga 26 Mei 2019 nanti. Setiap harinya, ujian akan dibagi menjadi dua sesi ujian, yakni sesi pagi dan sesi siang.

Dalam pelaksanaannya, Universitas Udayana telah melakukan persiapan, baik sarana dan prasarana, jaringan internet, listrik, serta teknis ruangan. “Sesi pertama ini sudah dipersiapkan dengan baik, sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak, baik dari segi jaringan, teknis pengawasan ruangan, sarana dan prasarana, listrik, dan juga tim kesehatan,” ungkap Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp., S(K).

Terkait kesiapan server dan jaringan, Dr. Nyoman Putra Sastra, ST.,MT, Kepala USDI Universitas Udayana mengatakan pihaknya telah menyiapkan infrastuktur dan SDM yang memadai. “Dari sisi TI kita tidak hanya menyiapkan infrastrukur saja, namun juga SDM kita latih sebagai admin server, teknisi jaringan, teknisi ruangan. Itu sudah berproses, mulai dari workshop, uji coba nasional untuk aplikasi dan juga di lokal,” jelasnya. Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan penyedia internet untuk memastikan lancarnya pelaksnanaan UTBK. (dsk, adt)