Tiga Kelompok PKM Universitas Udayana Berhasil Lolos ke Ajang PIMNAS XXXI

Tiga kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Udayana berhasil lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 tahun 2018. Gelaran nasional ini dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada 28 Agustus hingga 2 September 2018.

            PIMNAS tahun ini melibatkan 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi. PKM terkumpul sebanyak 440 judul yang dilombakan dalam lima bidang, antara lain PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) dan PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Kewirausahaan (PKM-K), serta PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

            Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi di Indonesia harus mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya dengan banyaknya publikasi penelitian-penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. “Tahun 2018 ini Indonesia dalam masalah publikasi sudah mengalahkan Singapura, yang sebelumnya belum pernah. Mudah-mudahan kita bisa menjadi juara di Asia Tenggara,” ungkap Mohamad Nasir

            Tiga kelompok PKM Universitas Udayana yang diundang untuk berpartisipasi dalam PIMNAS ke-31 berasal dari dua kelompok, yakni PKM Karsa Cipta Fakultas Teknik dan satu kelompok PKM Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran. Sekretaris Udayana Students Creative Center (USCC), Ni Luh Ramaswati, S.S, M.Comn mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan menuju PIMNAS, seperti pendampingan penyusunan laporan akhi, artikel, dan poster; serta pemantapan PIMNAS berupa latihan presentasi secara intensif.

            PIMNAS merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dalam bidang penalaran. Kegiatan ini  memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional guna menciptakan iklim akademis di kalangan mahasiswa Indonesia. (Media Universitas Udayana)

video : 
VIDEO