INVENTION 2018, Ajang Kompetisi IT Bergengsi se-Indonesia

Kemarin (19/5) telah diselenggarakan babak final INVENTION 2018 yang bertempat di Gedung Institute for Peace and Democracy, Universitas Udayana, Bali.

Informatic Festival and Competition (INVENTION) 2018 adalah ajang kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Kompetisi ini bertujuan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kreativitas anak bangsa dalam berkarya di bidang IT. Dengan mengangkat tema “Technology Enrich Your Creativity and Expand Your Knowledge”, INVENTION 2018 sukses menarik perhatian sebanyak lebih dari 300 pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi.

Para peserta INVENTION 2018 berasal dari berbagai tingkatan dan institusi di Indonesia, dengan total peserta sebanyak 268 orang, yang terbagi ke dalam 5 kategori lomba, yaitu Lomba Programming (29 peserta), Lomba Desain Poster (32 peserta), Lomba Web Design (39 peserta), Lomba Karya Tulis Ilmiah (16 tim), dan Lomba Web Development (30 tim). Setelah mengikuti babak penyisihan, 10 besar penyisihan diundang untuk mengikuti babak final.

Yang menjadi daya tarik utama dari kompetisi ini adalah selain mendapatkan total hadiah puluhan juta rupiah, para juara juga akan mendapatkan hadiah Field Trip di Bali.

Dengan dibuka oleh Bapak Dr. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom., M.Kom selaku Koordinator Program Studi Teknik Informatika Universitas Udayana, babak final INVENTION 2018 dihadiri oleh total 50 finalis yang merupakan 10 besar dari kelima kategori lomba.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan babak final masing-masing kategori lomba yang dibagi menjadi dua tempat. Babak final Lomba Desain Poster bertempat di Gedung IPD sendiri, sedangkan babak final keempat lomba lainnya bertempat di kampus Prodi Teknik Informatika.

Pada tahap final Lomba Programming, para finalis melakukan live coding onsite membuat program sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Pada tahap final Lomba Web Design, para finalis melakukan pembuatan ulang website yang pernah dikumpulkan saat penyisihan, kemudian dilanjutkan dengan presentasi desain website yang telah dibuat. Sedangkan pada tahap final Lomba Desain Poster, Lomba LKTI, dan Lomba Web Development, para finalis mempresentasikan hasil karya yang telah dikumpulkan saat penyisihan sesuai dengan kategori lomba yang diikuti. Para finalis tampak antusias mengikuti rangkaian acara babak final INVENTION 2018. Mereka mengerahkan kemampuan terbaik mereka demi menjadi juara.

Akhirnya tibalah saatnya pengumuman para juara INVENTION 2018. Para juara mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan hadiah uang tunai. Khusus juara I masing-masing kategori lomba juga mendapatkan hadiah tambahan berupa Field Trip ke destinasi wisata pilihan di Bali, yaitu Pasar Sukawati, Ubud, dan Tanah Lot.

 

Dengan berakhirnya Field Trip, berakhir pula rangkaian acara INVENTION 2018. Terima kasih kepada segenap peserta yang telah berpartisipasi dan sampai jumpa pada INVENTION tahun depan!