MINAT PROFESI SATWA LIAR ROTHSCILDI FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS UDAYANA MENYELENGGARAKAN WORKSHOP HERPETOLOGI 2022




Minggu, 11 Desember 2022 bertempat di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tabanan, Minat Profesi Satwa Liar Rotschildi melangsungkan Workshop Herpetologi dengan tema Crocodile 101: Basic Introduction. Workshop dipandu oleh Master of ceremony (MC) Jessica Anabel Rusli dari Rotschildi FKH UNUD. Acara dibuka dengan sambutan dan doa dari ketua panitia Alvian Cahya Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Rothschildi Adithya Fauzan serta pembina Rothschildi Dr. drh. I Wayan Batan, M.S.

Acara tersebut diawali dengan pembagian kelompok yang masing-masing kelompok nantinya akan diawasi oleh keeper PPS, Bli Komang dan Bli Samson. Acara berlanjut ke sesi Feeding dan Cleaning, Di sesi ini, peserta diajak untuk memberi makan dan membersihkan kendang hewan di PPS seperti elang, kambing, beruang madu, dan lainnya.

Acara dilanjutkan ke sesi Handling, Restrain, Sexing, dan Pengambilan Darah buaya yang dipandu oleh narasumber workshop yaitu Dr. drh. Slamet Raharjo, M.P dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) dan drh. Dyah Ayu Risdasari Tiyar Noviarinni dari PPS. Pada sesi ini, beberapa peserta yang berhasil menjawab pertanyaan akan diberikan kesempatan untuk praktik pada sesi ini.

Sebelum acara selesai, dilangsungkan kegiatan bonding antar peserta. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi foto bersama oleh seluruh peserta, panitia, dan narasumber. Workshop Herpetologi Rothschildi 2022 berjalan dengan lancar dan sukses.