Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana selenggarakan Yudisium dan Pelantikan Dokter Hewan Oktober Tahun 2022

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) menyelenggarakan Yudisium dan Pelantikan Dokter HewanTahun 2022, Kamis (13/10/2022). Acara dilaksanakan secara luring di Hotel Grand Shanti jalan Patih Jelantik Denpasar . Pelaksanaan acara ini dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat. Kegiatan Yudisium dan Pelantikan ini dhadiri oleh Dekan, Para Wakil Dekan, Para Koordinator Program Studi, Para Ketua Unit, Para Kepala Laboratorium, Para Sub koordinator di Lingkungan FKH Unud selain itu turut hadir juga Perwakilan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Bali, Wakil Ketua Ikatan Alumni Veteriner Unud, KepalaBalai Karantina Pertanian Bali, Perwakilan Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Denpasar, Perwakilan Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul Denpasar, perwakilan Kepala Dinas Pertanina Provinsi Bali,Kepala dinas Pertaniandan Pangan Kab. Badung, Perwakilan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Perwakilan dari PT. Charoen Pockpand, PT, Wonokoyo. Adapun Jumlah Lulusan yang hadir sebanyak:  12 Lulusan Dokter Hewandan 33 orang Yudisium Sarjana Kedokteran Hewan.

Acara diawali dengan pembacaan doa yang diwakili oleh Ni Putu Eka Nadi yang selanjutnya disambung dengan laporan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FKH Dr. drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si.. Dr. Sudisma menyampaikan jumlah peserta yudisium adalah  orang yang terdiri dari program sarjana berjumlah 55 orang, program profesi 12 orang, dan Program sarjana sebanyak 33 orang. Sampai saat ini jumlah lulusan drh FKH Udayana adalah 2648 orang. IPK tertinggi program profesi dokter hewan adalah 3,78 dan terendah adalah 3,39  dengan rata rata 3,60. Berdasarkan lama studi , profesi dokter hewan, lulus tepat waktu (4 semester) adalah 100%. IPK tertinggi program sarjana kedokteran hewan adalah 3,89, IPK terendah 3,15 dan rata rata IPK 3,67.  Berdasarkan lama studi program sarjana kedokteran hewan adalah 8 semester sebanyak 90%, 10 semester sebanyak 3,33 %, 14 semester 3,33% dan 16 semester sebanyak 3,33 %.

 

 

Acara dilanjutkan dengan pelantikan  dan penyumpahan dokter hewan oleh Dekan. Pada saat pengambilan sumpah dokter hewan didampingi oleh para rohaniawan dari masing masing agama yang dianut oleh para dokter hewan yang disumpah, antara lain rohaniawan Agaman Hindu, Islam, Katolik, dan Kristen Protestan. Pembacaan Kode etik profesi dokter hewan dilakukan setelah dilaksanakan pelantikan dan penyumpahan dokter hewan, yang dibacakan oleh ketua PDHI cabang Bali (Prof. Dr. Drh. I Ketut Puja, M.kes). acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan transkrip dan mendali kelulusan oleh Dekan, didampingi ketua senat, para wakil dekan dan koordinator program studi.

Dekan FKH Unud menyampaikan selamat kepada peserta yudisium karena sudah dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Prof. Suartha juga menyampaikan pesan kepada para peserta yudisium dan keluarganya yaitu “dokter hewan untuk menjalakan profesinya dengan berpegang teguh pada sumpaah dan  kode etik dokter hewan., Untuk para mahasiswa program sarjana kedokteran hewan yang diyudisium agar melanjutkan ke program profesi dokter hewan .”. 

 

 

Acara disambung dengan sembutan serta kesan pesan dari perwakilan peserta yudisium drh. Deo Laoda Putra, S.KH.menyampaikan terimakasih atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan serta fasilitas dalam mencapai semua itu kepada civitas akademika FKH Unud. Acara dilanjutkan dengan sambutan serta kesan pesan dari perwakilan orang tua peserta yudisium.Perwakilan orang tua lulusan menyampaikan terimakasih kepada Universitas Udayana khususnya FKH Unud telah membimbing dan mendidik putera puteri kami dengan sabar sehingga bisa mencapai kelulusan dengan baik. Kepada para lulusan dokter hewan diharapkan bisa mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat dengan tekun dan penuh komitmen. Acara yudisium sarjana kedokteran hewan serta pelantikan dokter hewan berlangsung dengan lancar. Acara diakhiri dengan melakukan foto Bersama (O.).

?