MENJADI JURNALIS KRITIS DI ERA DIGITAL BERPADU DALAM KREATIVITAS” PELATIHAN JURNALISTIK MAHASISWA BARU FKH UNUD 2022

 
 
Denpasar, LPM SS - Selasa, 30 Agustus 2022 Senat Mahasiswa LPM Suara Satwa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana menggelar acara tahunan wajib Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Baru (PJMB) yang diikuti 118 mahasiswa baru FKH Unud angkatan 2022. Acara yang dimulai pukul 08.00 WITA ini dilaksanakan di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Unud. Pelatihan yang diketuai oleh Olivia Okky Ardana ini mengusung tema “Jurnalis Kritis di Era Digital Berpadu dengan Kreativitas” dengan mendatangkan dua pembicara, yakni Arnoldus Dhae, S.Fil. M.Th., seorang wartawan surat kabar Media Indonesia sebagai pembicara pertama dan Iin Valentine,  pewarta Bale Bengong sebagai pembicara kedua. 
 
Kedua pembicara memberikan materi yang luar biasa tentang kepenulisan dan ilmu kejurnalistikan yang tentunya tidak bisa didapat melalui perkuliahan biasa. Bapak Arnoldus Dhae membawakan materi dengan judul “Menguak Tata Laku Kepenulisan sebagai Bekal Jurnalis yang Berwawasan”. Beliau menjelaskan secara rinci tata laku kepenulisan yang baik dan benar, bagaimana tulisan kita bisa didengar dan dipahami oleh pembaca, serta apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang jurnalis yang berilmu. Semua orang bisa menjadi jurnalis, namun tidak semua orang mampu menuangkan berita dalam bentuk tulisan yang baik dan benar. 
 
Kemudian oleh pembicara kedua PJMB 2022, Iin Valentine memberikan materi dengan topik “Tembus Media, Serukan Suara Melalui Tulisan Kreatif dan Kritis Bersama Perkembangan Teknologi”. Dengan pembawaannya yang santai, Kak Iin mampu membuat para peserta PJMB ikut antusias menyimak dan memahami apa yang beliau jelaskan tentang pentingnya kekritisan pemikiran dan kreativitas dalam sebuah tulisan yang tentunya selaras dengan teknologi di zaman modern seperti sekarang ini. 
Indikator keberhasilan daripada acara ini adalah banyaknya peserta PJMB yang mengajukan banyak pertanyaan kepada pembicara, ini menunjukkan bahwa mereka tertarik dan memperhatikan setiap materi yang dibawakan pembicara. Harapannya, di masa mendatang acara PJMB melahirkan generasi veteriner yang multitalenta serta mampu menarasikan ide gagasan yang kritis dan kreatif dalam sebuah tulisan.
 
Penulis: Dhita