Persiapan UTBK-SBMPTN 2019, Unud Selenggarakan Penjelasan Teknis UTBK-SBMPTN 2019

Jimbaran - Bertempat di Gedung Widya Sabha selasa (9/4), dilaksanakan “Penjelasan Teknis Pelaksannan UTBK-SBMPTN Universitas Udayana Tahun 2019”. Penjelasan teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh panitia UTBK-SBMPTN yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Politeknik Negeri Bali dan ISI Denpasar pada setiap Hari Sabtu dan Minggu yang dimulai pada tanggal 13 April sampai dengan 26 Mei 2019.

Penjelasan teknis disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Gde Antara, dilanjutkan oleh Dr. Nyoman Putra Sastra selaku Ketua Tim IT, I Made Budiastrawan selaku Kepala Humas Pelaksana UTBK-SBMPTN dan I Ketut Gede Oka Wiratma selaku Koordinator Panitia Pelaksana.

Prof. I Nyoman Gde Antara menyampaikan agar panitia yang ditetapkan untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN kali ini memiliki kemampuan yang lebih tinggi, dalam rangka kelancaran proses pelaksanaan ujian, mengingat ini adalah kali pertama pelaksanaan dengan pola yang baru untuk ujian SBMPTN. Kepada seluruh panitia yang telah ditunjuk dan hadir kali ini agar memahami secara jelas pelaksanaan ujian dimaksud, dan menghindari adanya pengawas yang tidak tahu akan tupoksinya dalam melaksanakan tugasnya.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini juga melibatkan Panitia pelaksana bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bali dan ISI Denpasar, tidak hanya dari sisi SDMnya akan tetapi juga dari sarana dan prasarananya yang dibutuhkan dalam menunjang ujian dimaksud. Melaui kerjasama ini Universitas Udayana telah menyiapkan 1045 komputer, dan komputer cadangan sebanyak 158 komputer.

Kuota peserta UTBK yang diberikan Universitas Udayana sebanyak 15.780 kursi, sedangkan peserta yang mendaftar sebanyak 15.216, sesuai dengan jumlah tersebut Universitas Udayana akan melaksanakan UTBK hingga tanggal 25 Mei 2019. Dari 15.216 orang peserta, 2.034 peserta diantaranya merupakan calon penerima Bidikmisi dan 13.182 merupakan peserta reguler.

Dalam acara tersebut juga dilakukan simulasi pelaksanaan UTBK yang dilakukan oleh tim IT Universitas Udayana. Simulasi tersebut dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada panitia pengawas dalam menjalankan tugasnya. (HM)